“Woww!! ” 10 Tempat Wisata Di Sumedang Yang Wajib Kamu Kunjungi

“Woww!! ” 10 Tempat Wisata Di Sumedang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Selama ini sumedang hanya di kenal dengan kulinernya , tapi sebenarnya kabupaten di Jawa Barat ini memiliki objek wisata yang indah dan memukau. Kawasan yang berada 45 km dari Bandung ini menyuguhkan panorama yang indah dan udara yang sejuk. Berikut rekomendasi 10 tempat wisata di Sumedang yang dapat kamu kunjungi dan sayang untuk di lewatkan.

 

  1. Batu Gua Gunung Lingga

Tempat wisata ini berada di ketinggian sekitar 930 mdpl berada pada kecamatan Cisitu. Disini juga di jadikan tempat olahraga paralayang dan pernah di jadikan lokasi ajang bergengsi pra-Piala Dunia Paralayang tahun 2013. Batu dua juga di jadikan tempat favorit para pecinta olahraga ekstrem , selain terkenal dengan paralayang batu dua ini memiliki destinasi wisata budaya dan sejarah yakni makam Raja Sumedang Pertama , Prahu Tajimalela.

 

  1. Curug Ciputrawangi

tempat-wisata-Sumedang

Air terjun ini berada di Desa Narimbang , Kecamatan Conggeang , curug ini biasanya di datangi oleh hewan-hewan langka seperti macan kumbang, landak hutan, monyet serta babi hutan mereka datang untuk meminum air di sini. Meskipun macan kumbang ini tidak pernah mengganggu penduduk dan wisatawan tapi kamu di harapkan untuk tetap berhat-hati. Derasnya air yang mengalir di tambahnya rindangnya pepohnan di sekitar membuat hawanya bertambah sejuk dan segar.

 

  1. Situ Biru Cilembang

tempat-wisata-Sumedang

Telaga ini masih alami dan airnya pun jernih disini kamu dapat melihat ikan yang berenang kesana kemari serta kura-kura air tawar . terdapat pepohonan dan semak-semak yang menghijau serta air telaga yang berwarna hijau kebiruan membuat indah pemandangannya. Untuk menjaga kealamiannya wisatawan di larang berenag tapi jika hanya cuci muka saja diperbolehkan , letaknya berada di desa Hariang di dalam hutan da nagak terpelosok jika kamu ingin datang kesini jangan datang di hari selasa dan jumat karena penduduk sekitar meyakini kedua hari itu pantangan untuk datang kesini.

 

  1. Gunung Tampo Mas

tempat-wisata-Sumedang

Gunung yang masuk dalam kawasan Taman wisata Gunung Tampomas ini memilki puncak yang bernama Sangiang Taraje. Kamu dapat melihat pemandangan kota Sumedang dari ketinggian , serta terdapat beberapa kawah kecil yang di hiasi bebatuan hitam menambah keindahan wisata ini. Dan untuk sampai pada puncaknya kamu dapat melewati 3 jalur utama yaitu Cibereum, Buah Dua , dan Narimbang.

 

  1. Kampung Toga Sumedang

tempat-wisata-Sumedang

Kampung berada di perbatasan Indramayu , wisata kampung ini cukup unik sama dengan Namanya yaitu Toga ( Tanaman Obat Keluarga )  . Disini kamu dapat melihat beraneka ragam TOGA , di sini juga terdapat fasilitas seperti villa, kolam renang, ruang pertemuan, ruang terbuka, tempat lesehan dan restoran . Selain itu juga ada wisata outbound yang tersedia glying fox, paint ball , dan hi-roof. Berad di Jalan Sukajaya, Sumedang Selatan, di jalan Makam Cut Nyak Dien.

 

  1. Kebun Teh Margawindu

tempat-wisata-Sumedang

Kebun Teh ini memiliki hamaparan pemandangan yang hijau di tambah dengan udaranya yang sejuk membuat kawsan ini menjadi tambah nyaman. Kebun teh ini berada di kawasan puncak , tepatnya di Desa Citengah , Sumedang Selatan .

 

  1. Desa Wisata Pangjugjugan

tempat-wisata-Sumedang

Disini kamu akan disuguhi pemandangan pegunungan yang hijau dan udara yang sejuk, desa ini berada di desa Cilembu dan terkenal dengan penghasilan ubi Cilembu atau biasa di sebut ubi madu yang sangat legit jika di bakar atau saat keadaan hangat. Terdapat juga kuda yang dapat di tunggangi, terapi ikan, dan fasilitas outbound, ada juga pertenakan kelinci , kambing , sapi perahdan potong, pemancingan dan sekolah alam.

 

  1. Pemandian Air Panas Sekarwangi

tempat-wisata-Sumedang

Pemandian ini menawarkan keindahan alam yang indah serta air hangat yang nyaman untuk di gunakan berendam , air hangat ini mengandung belerangyang dapat menyembuhkan penyakit kulit , menurunkan kadar asam urat, dan gejala stroke ringan. Terdapat juga penginapan , mushola, kantin , klinik , kola mikan , tempat bermain anak.

 

  1. Museum Prabu Geusan Ulun

tempat-wisata-Sumedang

Museum ini berada di jalan Prabu Geusan Ulun , Regol Wetan yang dulunya tempat ini adalah rumah bupati . Tapi sekarang digunakan sebagai tempat menyimpan benda benda bersejarah yang di Sumedang , sekilas bangunan ini seperti pada masa Belanda karena sentuhan gaya arsitektur Belanda terkenal begitu kental. Di dalam nya terdapat senjata pusaka , seperti keris , tombak , kujang dan lainnya sebagainya dan pada bulan Mulud benda ini akan di cuci dengan ritual khusus.

 

  1. Kampung Karuhun

tempat-wisata-Sumedang

Kampung ini  berada di Desa Citengah Kampung Karuhun terdapat sungai Cihonje yang mengalir jernih di tengah-tengah nya . Dan terdapat aneka permainan seperti ATV , naik sepeda gunung, futsal lumpur, saung budaya, atau melakukan kegiatan outbound. Setiap pengunjung akan diminta untuk menanam pohon untuk melestarikan alam sekitar , pengelola akan menawarkan setelah para pengunjung telah membayr tiket masuk . Ada juga kuliner khas Sumedang seperti nasi liwet, bajigur, baso, colenak dll.

 

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares