“Woww !!” 10 Gunung Terindah Di Indonesia Dan Wajib Banget Kamu Coba

“Woww !!” 10 Gunung Terindah Di Indonesia Dan Wajib Banget Kamu Coba

Indonesia adalah tempat bertemunya pegunungan Sirkum pasifik dan Sirkum mediterania, bahkkan hingga di kenal dengan “Volcano Country” karena memiliki banyak gunung berapi yang aktif. Sebenarnya fakta ini membuat Indonesia memiliki satu kelebihan dimana yang tidak dimiliki oleh negara lainnya. Berikut daftar 10 gunung terindah di Indonesia yang wajib di kunjungi dan sayang untuk di lewatkan.

 

  1. Gunung Rinjani, NTB

wisata-gunung-indonesia

Gunung Rinjani ini berada di provinsi Nusa Tenggara Barat , gunung ini sudah terkenal dengan keindahannya . Terutama pada kalangan pendaki , mereka menyebut gunung ini tempat wisata dengan trekking terbaik di Asia Tenggara. Dengan memiliki ketinggian 3.726 , gunung ini berhasil menjadi gunung ketiga tertinggi di Indonesia. Banyak pemandangan alam yang di suguhkan seperti padang savanna, bunga edelweiss , danau segara anak, hingga matahari terbit .

 

  1. Gunung Bromo , Jawa Timur

wisata-gunung-indonesia

Gunung ini berada di 4 wilayah yaitu kabupaten Malang, kabupaten Pasuruan , kabupaten Lumajang dan Probolinggo. Gunung bromo ini terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya dan sudah terkenal di seluruh dunia . Banyak wisata asing yang berkunjung kesini mereka selain melihat matahari terbit juga menikmati pemandangan kawah bromo yang memiliki diameter sekitar 800 meter dari utara ke selatan dan 600 dari barat ke timur.

 

  1. Gunung Semeru

wisata-gunung-indonesia

Gunung Semeru ini menjadi gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter , gunung Semeru terletak di di kabupaten Malang dan Lumajang. Keindahannya sudah tidak di ragukan lagi dan terkenal sudah cukup lama terutama pada kalangan pecinta alam. Terdapat sebuah danau yang terindah di Indonesia, yaitu danau Ranu Kumbolo di sini sering di jadikan tempat peristirahatan para pendaki di tepi danau. Di hadapan danau terdapat jalan yang di sebut dengan tanjakan cinta dan di balik bukit cinta kamu akan di suguhi pemandangan Oro-oro Ombo yang di penuhi bunga lavender dan pohon pinus.

 

  1. Gunung Ijen

wisata-gunung-indonesia

Gunung ini berada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso dan berdampingan dengan gunung Merapi . Gunung Ijen ini memiliki ketinggian 2.443 meter , keindahan kawahnya terkenal karena memiliki air yang berwarna biru dan mengandung asam .  Keindahannya akan lebih terlihat lagi ketika pukul 02.00 hingga 04.00 , disini kamu akan melihat fenomena blue fire yang tidak akan kamu temukan pada pegunungan lainnya.

 

  1. Gunung Kelimutu

wisata-gunung-indonesia

Gunung ini adalah gunung aktif yang berada di Pulau Flores, provinsi NTT , tepatnya di Desa Pemo kecamatan Kelimutu kabupaten Ende . Nama ini berasal dari kata “Keli” yang artinya gunung dan “Mutu” artinya mendidih , dengan memilki tanah yang subur membuat gunung ini di kelilingi hutan yang penuh dengan flora seperti pinus , casuarinas , dan kayu merah. Di puncak gunung ini terdapat danau yang memilki tiga warna air , dengan masing-masing memilki nama Tiwu Nuwa Koo Fai dengan warna air biru , Tiwu Ata Polo  dengan warna air merah , dan Tiwu Ata Mbupu dengan warna air putih.

 

  1. Puncak Jaya , Papua

wisata-gunung-indonesia

Gunung ini berada di iklim tropis tapi selalu di selimuti salju , dengan memilki ketinggian 4.884 meter membuatnya menjadi gunung tertinggi di Indonesia . Meskipun gunung ini selalu di selimuti salju tapi di perkirakan saljunya pun bisa menipis bahkan bisa mengering. Kesimpulan ini telah di teliti karean dari tahun ke tahun semakin menipis di karenakan pemanasan global .

 

  1. Gunung Gede

wisata-gunung-indonesia

Gunung Gede ini berada di Jawa Barat dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango , tepatnya dianatara kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi , Jawa Barat. Disini banyak tempat menarik yang dapat kamu kunjungi seperti Telaga Biru , Air TerjunCibeureum, Kandang Batu dan Kandang Bada, Alun-alun Suryakencana dan Puncak Gunung Gede. Alun-alun Suryakencana ini adalah padang savanna yang memilki luas 50 hektar dan pada ketinggian 2.750 meter yang di penuhi tumbuhan bunga edelweiss.

 

  1. Gunung Tambora , Sumbawa

wisata-gunung-indonesia

Gunung ini pernah meletus pada tahun 1815 dan telah menghilangkan puncaknya yang terindah di Indonesia. Karena letusan itu terbentuk kaldera yang paling besar di Indonesia , dengan di lengkapi danau di tengahnya yang di penuhi banyak bunga edelweiss. Maka tidak di ragukan lagi jika gunung ini salah satu gunung terindah di Indonesia.

 

  1. Gunung Prau , Jawa Tengah

wisata-gunung-indonesia

Gunung ini adalah salah satu gunung terindah yang menjadi tempat favorit bagi para pendaki , dan menjadi salah satu spot terbaik se Asia Tenggara untuk melihat matahari terbit. Dengan memiliki ketinggian 2.565 meter ,puncaknya memang pendek memudahkan jalur pendakian di bandingkan gunung lainnya.

 

  1. Gunung Kerinci , Sumatera

wisata-gunung-indonesia

Gunung ini berada di provinsi Jambi perbatasan dengan Sumatera Barat dan masuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat. Disini juga di jadikan habitat oleh harimau dan badak Sumatera yang di lindungi oleh pemerintah, dengan memilki ketinggian 3. 805 meter. Dari sini kamu dapat melihat pemandangan seluruh kota Jambi, Padang, dan Bengkulu.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares