Usir Rasa Bosan dengan Menjelajahi 6 Wisata di Kampar Ini

Usir Rasa Bosan dengan Menjelajahi 6 Wisata di Kampar Ini

Jika kamu punya rencana mengunjungi Bangkinang, kamu harus punya banyak informasi mengenai tempat wisata di Kampar, Bangkinang, Provinsi Riau yang bisa mengusir rasa bosan kamu. Ternyata kabupaten kecil ini memiliki banyak tempat wisata dengan nuansa alam, sejarah, hingga kuliner yang tak kalah dengan kota besar lainnya, lho.

Inilah 6 tempat wisata di Kampar yang harus kamu kunjungi saat singgah di Bangkinang.

1. Danau Koto Panjang

Kisah unik di balik keindahan danau ini adalah bahwa dulunya area Danau Koto Panjang merupakan 9 desa yang sengaja ditenggelamkan. Sebelum desa-desa itu tenggelam, tentu masyarakatnya telah direlokasi terlebih dahulu. Tempat ini dijadikan sumber pembangkit listrik sekaligus sumber penghasilan. Untuk menyusuri danau, kamu bisa berperahu. Jika semakin ke arah barat, maka kamu akan melihat beberapa pulau kecil yang dulunya adalah bukit.

2. Air Terjun Pangkalan Kapas

Pangkalan Kapas ini merupakan air terjun tertinggi di Sumatera dengan ketinggian 200-300 meter. Air terjun ini menjulang tinggi dengan dinding tebing berwarna agak putih. Kamu perlu melakukan usaha ekstra untuk dapat menikmati air terjun ini. Jalur yang ditempuh selama kurang lebih 2 jam, memiliki medan yang cukup sulit dan menantang.

3. Rumah Lontiok

Rumah Lontiok adalah sebutan untuk rumah adat Riau yang ditinggali oleh masyarakat Kampar. Tempat ini juga merupakan cagar wisata dan warisan budaya yang berpotensi mendatangkan wisatawan. Dari sekian banyak Rumah Lontiok, saat ini hanya 12 rumah yang tersisa, salah satu di antaranya ada yang berumur 200 tahun.

4. Lubang Kalam

Lubang Kalam merupakan terowongan gelap sepanjang 300 meter yang pada masa lampau merupakan jalur perlintasan daerah antara Provinsi Sumatera Barat dan Riau. Tapi, di tahun 90-an Lubang Kalam sudah tak lagi berfungsi sebagai penghubung karena sebagian jalurnya sempat terendam air Danau PLTA Koto Panjang. Pemerintah setempat menjadikan Lubang Kalam objek wisata agar masyarakat mengenal saksi sejarang di Riau.

5. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus memiliki arsitekstur yang kental dengan budaya Melayu. Jika ingin berkunjung ke sini usahakan datang di pagi hari, karena cuaca di siang hingga sore biasanya mendung bahkan tak jarang turun hujan.

6. Jembatan Waterfront City Bangkinang

Jembatan ini terbentang di atas Sungai Kampar yang menghubungkan antara Kota Bangkinang dan Kampuong Godang. Jembatan Waterfront City Bangkinang ini mulai dibuka untuk umum pada 26 Oktober 2017. Gemerlap lampu jembatan sangat indah di malam hari sehingga sering dijadikan spot berfoto oleh para pengunjung.

Itulah referensi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Kampar. Semoga dapat membantu kamu mengatasi rasa bosan ketika berada di Bangkinang, Riau.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares