Persiapan Yang Wajib Dilakukan Sebelum Naik Pesawat Saat Hamil

Persiapan Yang Wajib Dilakukan Sebelum Naik Pesawat Saat Hamil

naik-pesawat-saat-hamil

Bukan cuma anak muda yang suka banget traveling. Ibu hamil juga butuh liburan dong. Biasanya untuk mempersingkat waktu di perjalanan, ibu hamil ini memilih untuk traveling naik pesawat. Tapi untuk perjalanan menggunakan pesawat, bukanlah hal yang mudah bagi ibu hamil. Banyak sekali persyaratan yang harus di lengkapi.

Untuk bumil yang mau traveling, udah tau belum persyaratan apa saja yang harus dipenuhi sebelum naik pesawat? Ini nih beberapa persyaratan yang wajib banget bumil penuhi!

  1. Medical Record
  2. Surat keterangan dokter
  3. Surat pernyataan dari maskapai
  4. Menandatangani surat pertanggung jawaban

Jika sudah melengkapi persyaratan diatas, bumil juga harus melakukan persiapan lain. Persiapan yang dilakukan bukan hanya memilih maskapai yang nyaman untuk ibu hamil. Tapi mempersiapkan diri sebelum traveling disaat hamil juga sangat penting sekali dilakukan. Apa saja yang persiapan yang harus bumil lakukan sebelum traveling? Ini dia!

 

Melakukan konsultasi dengan dokter kandungan saat akan traveling naik pesawat

konsultasi dengan dokter sebelum naik pesawat
konsultasi-dengan-dokter-sebelum-naik-pesawat

Konsultasi dengan dokter merupakan persiapan terpenting sebelum melakukan perjalanan. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan, sebaiknya konsultasikan semuanya terlebih dahulu. Sebisa mungkin bumil mengatakan apa yang dirasakan sebelum berangkat. Supaya mendapatkan penanganan terbaik dari dokter. Jangan lupa juga tanya dokter kandungan kamu, apa saja yang perlu dibawa saat naik pesawat.

 

Jangan terburu-buru untuk melakukan perjalanan

jangan-terburu-buru
jangan-terburu-buru

Setelah konsultasi dan dokter mengijinkan bumil untuk traveling naik pesawat, jangan langsung memesan tiket pesawat saat itu juga. Tunggu beberapa hari setelah berkonsultasi agar kita bisa memastikan bahwa kita bisa melakukan traveling dengan menggunakan jalur udara. Jika dalam waktu 2-3 hari kondisi janin dirasa tidak ada masalah dan gangguan apapun, maka bumil bisa melakukan perjalanan dengan nyaman.

 

Usahakan untuk membawa makanan sendiri

bawa-makanan-sendiri
bawa-makanan-sendiri

Biasanya makanan yang disediakan oleh sebuah maskapai merupakan makanan instan dan kebanyakan yang ada di pesawat bukan termasuk makanan ibu hamil. Tapi ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Entah karena alergi atau anjuran dari dokter. Tapi untuk kenyamanan saat di perjalanan, sebaiknya tidak makan makanan yang disediakan di maskapai. Usahakan untuk membawa makanan sendiri dari rumah saat naik pesawat. Itu akan lebih baik untuk kandungan.

 

Jangan lupa untuk selalu membawa air putih saat traveling

selalu-bawa-air-putih
selalu-bawa-air-putih

Air putih sangat penting untuk tubuh, karena 80% tubuh kita adalah air. Bukan hanya bumil yang perlu banyak minum air putih, tapi semua orang juga harus banyak minum air putih. Apalagi saat hamil, biasanya bumil akan lebih sering merasa haus dibandingkan dengan ibu-ibu yang tidak sedang hamil. Maka dari itu untuk menghindari dehidrasi saat naik pesawat, sebaiknya bumil membawa air putih.

 

Kamu Harus Tau!! Ini Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Beli Tiket Pesawat!

 

Selalu bawa vitamin saat perjalanan kemanapun

bawa-vitamin-hamil
bawa-vitamin-hamil

Bagi ibu hamil, biasanya dokter memberikan vitamin-vitamin khusus untuk mendukung tumbuh kembang janin. Selain itu, biasanya dokter memberikan beberapa vitamin penting saat bumil akan traveling naik pesawat agar tidak ada gangguan pada kandungan saat traveling. Jadi, jangan lupa dibawa ya vitaminnya!

 

Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu sempit

outfit-saat-hamil
outfit-saat-hamil

Saat melakukan liburan, biasanya wanita akan lebih memperhatikan outfit yang mereka gunakan. Untuk bumil, outfit juga penting. Tapi usahakan untuk menggunakan pakaian yang simple saja. Agar bumil merasa nyaman dan tidak terlalu mengganggu. Jangan menggunakan baju yang terlalu sempit ya bumil. Karena saat naik pesawat, bumil akan duduk lebih lama. Pakaian yang terlalu ketat akan menekan perut bumil.

 

Pastikan bumil memperhatikan persiapan diatas sebelum melakukan traveling naik pesawat. Agar nyaman dan tidak mengganggu kesehatan kandungan, jangan lupa untuk olahraga sebelum melakukan perjalanan.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares