Sensasi Pedas Menggoda “Ayam Geprek Special” Resto Rumahan

Sensasi Pedas Menggoda “Ayam Geprek Special” Resto Rumahan

Olahan ayam memang selalu menjadi primadona bagi  semua kalangan, baik remaja, orang dewasa, hingga anak-anak selalu suka dengan olahan daging ayam. Sensasi pedasnya yang menggoda tidak terlepas dari menu sajian satu ini, salah satunya yang cukup populer adalah ayam geprek. Nah, kali ini kami akan sedikit memberikan resep ayam geprek yang bisa kalian coba sendiri di rumah.

Penasaran bagaimana resepnya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

foto : brilio.net

Bahan Ayam Geprek

  • Ayam potong segar 1 kg.
  • 1 sdm lada bubuk.
  • 1 sdm garam.
  • Bubuk cabai sesuai selera.
  • 1 sdt bubuk bawang.
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat Ayam Geprek 

a) Pertama cuci daging ayam dan potong menjadi 8 bagian atau lebih sesuai selera.

b) Setelah itu letakkan ayam di wadah agak besar bisa menggunakan panci atau benda lain yang berbahan stainles. Lumuri dengan lada bubuk, garam halus, bawang putih dan bubuk cabai sampai merata.

c) Setelah rata, masukkan dan diamkan dalam lemari pendingin supaya bumbu dasar tadi meresap sempurna. Semakin lama semakin bagus, tetapi minimal 1 jam atau 60 menit  agar daging ayam tidak hambar.

d) Siapkan bahan adonan pencelup dan lapisan tepungnya, jika sudah, celupkan kedalam adonan lapisan cair sampai terendam sempurna. Setelah itu gulingkan kedalam tepung pelapis kering sambil sedikit diremas lalu gulingkan lagi sampai rata. Cukup satu lapisan saja agar hasilnya tetap renyah dan tidak terlalu tebal.

e) Siapkan wajan penggorengan dan isi dengan minyak yang cukup banyak agar nanti bisa matang dengan sempurna.

f) Ketukkan ayam yang sudah diberi tepung untuk membuang tepung yang berlebih. Caranya bisa kedua tangan memegang ayam kemudian ketukkan antara tangan lalu masukkan daging ayam kedalam wajan dan masak sampai berubah warna kecoklatan. Angkat dan tiriskan sebentar.

Bahan Sambal Ayam Geprek

a) 30 buah cabai rawit atau sesuai selera.
b) 7 buah bawang putih ukuran besar.
c) Garam sesuai selera.
d) Gula pasir putih selera.
e) Sedikit minyak goreng panas.

Cara Membuat Sambel Ayam Geprek

a) Cuci sampai bersih cabai dengan air mengalir, siapkan ulegan dan haluskan cabai rawit dan bawang putih sampai halus. Tambahkan garam, gula pasir dan kaldu bubuk ayam jika Anda menggunakannya kemudian uleg lagi sampai tercampur.

b) Beri sedikit minyak panas diatasnya, hal ini untuk menghilangkan aroma dari bawang putih. Ambil ayam geprek kemudian geprek atau memarkan diatas sambal bawang tadi.

Nah, bagaimana dengan kalian? Ingin mencoba variasi ayam geprek resto satu ini? Semoga membantu dan jangan lupa share jika kalian menginginkan informasi apa yang ingin kami tulis ke depannya.

loading...

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares