10 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Liburan Ke Luar Negeri

10 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Liburan Ke Luar Negeri

persiapan-liburan-ke-luar-negeri

Kamu mau liburan ke luar negeri? Pastinya banyak banget yang harus kamu persiapkan. Selain persiapan fisik dan mental, ada beberapa perlengkapan yang harus kamu siapkan sebelum kamu liburan ke luar negeri. Supaya tidak ada yang ketinggalan dan membuatmu bingung di negara orang.

Nah, biar kamu gak kayak orang linglung diluar negeri, kamu harus memperhatikan beberapa perlengkapan ini. Supaya gak ada juga kendala yang kamu alami. Ini dia yang wajib kamu perhatikan!

  1. Paspor

Paspor merupakan hal terpenting yang harus dan wajib kamu siapkan saat akan liburan ke luar negeri. Mengapa paspor menjadi benda yang sangat penting saat berada diluar negeri? Karena paspor adalah identitas kamu selama di Negara lain. Selain itu, untuk pergi ke luar negeri syarat pertama adalah memiliki paspor.

 

  1. Membuat Laporan ke KBRI

lapor-ke-kbri
lapor-ke-kbri

Memang tidak diwajibkan untuk melapor, tapi alangkah baiknya untuk melaporkan diri. Karena kamu tidak akan tahu apa yang bisa terjadi diluar negeri, kamu disarankan untuk melaporkan diri supaya lebih aman. KBRI bisa memberimu jaminan untuk memberi bantuan jika kamu kehilangan barang di luar negeri.

 

  1. Lakukan Vaksinasi

lakukan-vaksinasi
lakukan-vaksinasi

Jika kamu pergi liburan ke Negara yang sedang mengalami rebakan epidermi virus, kamu harus melakukan vaksinasi untuk mengantisipasi terjangkit virus tersebut. Sebelum berangkat, pastikan kamu mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang Negara yang akan kamu kunjungi.

Ingat! Jaga kesehatan dimanapun kamu berada!

 

  1. Asuransi Perjalanan

asuransi-perjalanan
asuransi-perjalanan

Jangan pernah mengabaikan asuransi perjalanan, karena seperti yang sudah kita bahas diawal, kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi saat liburan ke luar negeri. Jadi, mau bagaimanapun juga kamu harus mengasuransikan dirimu saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Kamu juga harus selalu berhati-hati dalam perjalanan.

 

  1. Siapkan Uang Receh

siapkan-uang-receh
siapkan-uang-receh

Biasanya saat pergi liburan ke luar negeri, kita merasa tidak ingin membawa uang cash terlalu banyak. Entah karena tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecopetan atau hal yang lain. Taka pa jika kamu tidak ingin membawa terlalu membawa banyak uang cash. Tapi yang harus kamu ketahui, saat liburan ke luar negeri, banyak sekali driver taxi yang tidak memiliki kembalian untuk pecahan uang besar. Nah untuk mengantisipasi hal tesebut, kamu wajib membawa pecahan uang kecil secukupnya.

 

  1. Informasi Biaya Masuk Suatu Negara

informasi-biaya-masuk-negara
informasi-biaya-masuk-negara

Jangan dikira untuk pergi liburan ke luar negeri kamu tidak perlu membayar biaya masuk. Di beberapa Negara seperti Filipina, kamu diwajibkan untuk membayar biaya masuk dan keluar di Negara tersebut. Begitu juga Negara yang akan kamu kunjungi. Jadi sebaiknya kamu mencari informasi selengkap-lengkapnya sebelum berangkat. Supaya tidak terjadi pembengkakan biaya yang membuat liburanmu terhalang.

 

  1. Bawa Obat-obatan pribadi

obat-obatan-pribadi
obat-obatan-pribadi

Jangan lupa untuk selalu menyelipkan beberapa obat yang sangat penting seperti obat pribadimu yang tidak akan kamu temukan diluar negeri. Selain itu kamu juga harus selalu membawa obat diare, vitamin C dan obat penurun panas. Supaya tetap bisa menikmati liburan dalam segala cuaca dan keadaan, kamu harus membawa obat-obatan penting ini.

 

  1. Bahasa

pelajari-bahasa
pelajari-bahasa

Selain bahasa inggris, kamu jika pergi ke suatu Negara kamu wajib mempelajari bahasa dasar dari Negara tersebut. Tidak perlu mempelajari secara lengkap, kamu hanya perlu mempelajari bahasa dasar seperti mengucapkan salam (selamat pagi, selamat siang, selamat malam), cara berterimakasih, mengucapkan selamat tinggal, atapun memperkenalkan diri.

Mengapa kamu harus belajar bahasa dari Negara yang akan kamu kunjungi? Karena ada beberapa Negara seperti Jerman, mewajibkan kamu untuk berbicara dalam bahasa Jerman. Orang-orang di sana sangat bangga menggunakan bahasa mereka sendiri. Apalagi kalau ada wisatawan yang bisa menggunakan bahasa mereka, kamu akan lebih dihargai disana.

 

  1. International Adaptor

international-adaptor
international-adaptor

Di beberapa Negara khususnya diluar Asia, kamu akan menemukan adaptor dengan bentuk yang berbeda. Jadi kamu harus membawa adaptor yang sesuai dengan Negara tempatmu berlibur. Supaya karena ataupun HP mu tetap bisa digunakan dalam keadaan apapun.

 

  1. Pelajari Sistem Transportasi

sistem-transportasi
sistem-transportasi

Di luar negeri akan sangat berbeda dengan di Negara sendiri. Kalau dinegara sendiri kamu biasa berdesakan, beda saat liburan di luar negeri. Supaya kamu tidak merasa malu, kamu harus mencari banyak informasi tentang system transportasi dr Negara tersebut.

 

Itu dia yang harus kamu perhatikan saat akan pergi liburan ke luar negeri. Selamat menikmati liburan kalian!

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares