5 Jenis Olahraga Dan Latihan Otot Sebelum Kamu Melakukan Hiking

5 Jenis Olahraga Dan Latihan Otot Sebelum Kamu Melakukan Hiking

olahraga-sebelum-hiking

Hiking merupakan salah satu jenis olahraga yang berat. Selain itu juga biasa disebut traveling berat. Untuk melakukannya juga perlu melakukan banyak sekali persiapan. Ini nih salah satu olahraga yang termasuk traveling dan membutuhkan olahraga untuk melakukannya.

Pastikan kamu melakukan persiapan fisik sebelum melakukan hiking. Untuk traveling yang berat ini memang sangat banyak persiapan yang harus kamu lakukan baik persiapan fisik maupun barang. Nah ini dia persiapan fisik yang harus kamu lakukan.

  1. Jogging Pagi dan Sore

jogging-setiap-pagi-dan-sore
jogging-setiap-pagi-dan-sore

Jogging merupakan persiapan pertama yang harus kamu lakukan sebelum hiking. Jogging ini bisa membantu kamu memperkuat bagian kaki. Karena saat mendaki gunung kamu harus menggunakan seluruh kekuatan yang kamu miliki pada kakimu. Lakukan jogging secara rutin setidaknya 1 bulan sebelum hiking agar otot kakimu jadi terbiasa dan terlatih.

Waktu yang tepat untuk kamu jogging yaitu saat pagi ataupun sore hari. Untuk jarak yang ideal, kalian bisa lari sekitar 500m-800m setiap hari. Jangan lupa kamu harus meningkatkan jarak lari kalian setiap harinya. Karena untuk hiking, kalian tidak hanya melewati 500m-800m saja. Tapi kalian akan menempuh jarak hampir puluhan kilometer dengan medan yang sangat sulit.

 

  1. Bersepeda

bersepeda sebelum hiking
bersepeda

Selain jogging, bersepeda juga bisa melatih otot kaki dan pahamu. Nah, jika kamu akan melakukan hiking, pastikan kamu memiliki otot kaki dan paha yang kuat. Untuk berlatih kalian bisa bersepeda di medan yang datar. Supaya lebih kuat lagi, kalian bisa meningkatkan kemampuan kalian untuk bersepeda di jalan yang menanjak.

Untuk mendukung kekuatan kakimu, kamu bisa melakukan jogging dan bersepeda ini secara bergantian. Kalian bisa mengatur berapa hari sekali kalian akan bersepeda, dan berapa hari kalian harus jogging. Latihan ini akan sangat membantu kamu untuk naik ke puncak gunung yang tinggi sekalipun.

 

  1. Lari Naik Turun

lari-naik-turun-tangga
lari-naik-turun-tangga

Untuk naik gunung, bukan hanya kekuatan tubuh dan ototmu saja yang dipertaruhkan. Tapi kemantapan kakimu dalam memijak jalanan yang tidak hanya terbuat dari aspal atau keramik seperti saat kamu pergi ke mall. Jalanan menuju ke puncak gunung lebih banyak tanah dan bebatuan. Nah, biasanya medan seperti ini sangat sulit saat musim hujan karena akan sangat licin.

Selain jogging di jalanan yang datar, cobalah untuk menambah lintasanmu dengan menaiki tangga. Kalian juga bisa naik turun tangga setelah jogging. Lakukan latihan ini setidaknya 3-4 kali setiap hari. Ini akan sangat membantumu saat memijakan kaki di medan pegunungan.

  1. Squat Jumps

squat-jump
squat-jump

Tidak hanya bersepeda, melakukan squat jumps juga bisa meningkatkan kekuatan otot pahamu. Sebaiknya kalian juga melakukan latihan ini setiap hari setelah jogging. Lakukan latihan ini secara bertahap. Jangan lupa juga untuk mengatur nafas kalian. Karena saat hiking, kemampuan kalian untuk mengatur nafas juga sangat dibutuhkan.

 

  1. Push Up

push-up
push-up

Push up tidak harus kalian lakukan setiap hari. Tapi kalian bisa melakukan push up sekitar 3 hari sekali. Jika kalian tidak keberatan untuk melakukannya setiap hari juga tidak masalah. Kalian bisa melakukan saat akan melakukan jogging atau sesudah jogging. Karena latihan ini untuk mendukung kesuksesan kalian dalam hiking, bukannya tinju. Kalian bisa melakukan latihan ini cukup 10 hitungan saja sehari. Latihan ini akan membantu kamu untuk memperkuat otot tangan dan perut.

 

Nah itu dia 5 Olahraga yang wajib kalian lakukan sebelum hiking. Tapi bukan hanya kekuatan fisik yang dibutuhkan untuk mendaki gunung, kekuatan batin kalian juga harus diperhatikan. Saat mendaki, kalian akan lebih banyak berhadapan dengan alam. Jadi kalian juga harus menghargai kehidupan alam.

Pastikan kalian selalu menjaga keindahan alam yang akan kalian nikmati dipuncak ataupun keindahan alam dalam perjalanan hiking. Buanglah sampah-sampah kalian pada tempatnya. Dalam perjalanan kalian juga harus tetap menjaga stamina. Pastikan kalian selalu minum air putih untuk menambah stamina. Jangan minum minuman bersoda ataupun minuman penambah stamina.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares