4 Macam “Disclaimer” tentang Mitos Makanan yang ada di Indonesia !

4 Macam “Disclaimer” tentang Mitos Makanan yang ada di Indonesia !

Jika kalian  para foodhunter pasti sudah tak asing mendengar beberapa macam mitos makanan atau ‘Disclaimer” tertentu terkait makanan ataupun penyajian yang sebenarnya tidak masuk akal? Entah benar atau tidak, nyatanya banyak orang yang percaya begitu saja dengan mitos-mitos tersebut.

Nah, kali ini kami akan mengulas apa saja mitos tentang makanan yang banyak dipercaya oleh masyarakat, khususnya di Indonesia.

Penasaran, bukan? Berikut ini ulasan lengkapnya :

Makanan jatuh baru 5 menit/mitos makanan

a) Makan Kelapa Parut Menyebabkan Cacingan

Mitos yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, bukan? Sejak kecil banyak dari kita yang mendengarnya dari orang tua. Ini adalah mitos yang menyebar di masyarakat Indonesia sejak lama. Sebenarnya, apabila mau belajar sedikit lebih dalam, cacingan sendiri disebabkan karena bakteri jahat yang bersarang di dalam perut, dan bakteri jahat tersebut berasal dari makanan yang kita konsumsi. So, bukan berarti disebabkan karena mengkonsumsi kelapa parut, ya.

b) Minum Air Es Saat Hamil Membuat Bayi Jadi Gendut 

Sebenarnya dari segi ilmu kedokteran belum ada hal terkait yang menjelaskan bahwa air dingin menyebabkan bayi dalam kandungan menjadi gendut. Jadi, tidak ada fakta yang mampu menjelaskan bahwa meminum air dingin bisa menyebabkan bayi dalam kandungan menjadi gendut. Yang mempengaruhi pertumbuhan bayi lebih kepada apa yang terdapat pada air tersebut, jadi bukan karena air dingin atau hangat saja.

c) Timun Menyebabkan Keputihan
Nutrifood Research Center membuktikan bahwa tidak ada hubungannya antara mengkonsumsi timun dengan dengan keputihan. Hal ini dibuktikan dengan sebuah buku berjudul Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan yang sudah diterbitkan di Gramedia Pustaka Utama. Keputihan sendiri disebabkan oleh infeksi jamur dan kurangnya menjaga kebersihan organ intim. jadi, mitos tentang timun menyebabkan keputihan sama sekali tidak benar.

d) Makan Telur Menyebabkan Bisulan

Banyak lho orangtua yang melarang anaknya mengkonsumsi telur hanya karena takut bisulan. Padahal, hal ini sama sekali tidak benar. Ada banyak kandungan gizi yang terkandung dalam telur, terlebih apabila diolah dengan cara yang benar. Bisulan sendiri bukan disebabkan karena mengkonsumsi telur, namun bisa disebabkan oleh alergi pada makanan tertentu.

Nah, itulah beberapa mitos atau “Disclaimer” mengenai makanan, mungkin banyak dari kalian yang sudah tidak asing dengan mitos tersebut, bukan. Sebagai seorang yang hidup di era modern, tentu kita tidak boleh percaya begitu saja dengan hal-hal yang tidak ada buktinya. Bukan begitu?

Jadi pastikan kalian tetap jaga pola hidup sehat untuk  kualitas hidup yang lebih baik.

Protected by Copyscape

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares