WOW !! Ini buktI 5 Kuliner Bandung Fenomenal

WOW !! Ini buktI 5 Kuliner Bandung Fenomenal

Malaspulang.com – Siapa yang tak kenal dengan salah satu kota di Indonesia ini. Manalagi jika bukan Kota Bandung. Ya, Kota Bandung tidak hanya terkenal dari segi wisata dan gadis – gadisnya yang cantik jelita, Namun juga menyimpan keanekaragaman kuliner yang menarik untuk kalian coba cicipi dan rasakan. Ada berbagai macam kuliner yang wajib kalian coba cicipi, salah satunya yang paling terkenal adalah batagor. Bukan begitu? . Berikut kami berikan beberapa rekomendasi kuliner fenomenal yang wajib kalian coba saat akan bertandang ke Bandung. Berikut ulasannya !

 

a)  Mie Kocok Khas Bandung

 

 

Mie Kocok
Mie Kocok (Image Sources)

Khusus mie satu ini merupakan makanan khas pioneer yang terdapat di Indonesia, Bagaimana tidak, pasalnya mie ini hanya dapat ditemukan di pedagang gerobak kaki lima layaknya tukang mie ayam pada umumnya. Yang berbeda adalah bahan – bahan yang digunakan. Salah satunya yaitu diolah dengan memilih tekstur mie yang lebih kenyal dan datar, kemudian sebagai pelengkap di atasnya, diberi sayuran seperi toge dan di tambahkan kikil sapi empuk yang sebelumnya sudah direbus dan diberikan bumbu – bumbu rempah.

Alasan mengapa mie ini disebut mie kocok sendiri sudah tak asing lagi karena pembuatannya sendiri yang diaduk dan dikocok, sebelum di sajikan kepada pembeli atau peminat mie

 

b) Colenak

 

Colenak
Colenak (Image Sources)

 

Siapa yang tak kenal dengan makanan khas satu ini. Bagaimana tidak?. Makanan ini merupakan jajanan tradisional yang terkenal sejak tahun 1930.an. Makanan ini bernama ‘Colenak”, mengapa di sebut colenak?. Ini karena makanan ini memiliki kepanjangan yaitu “Cocol Enak”. Makanan ini sendiri merupakan hasil revolusi dari jajanan peyeum yang sudah terkenal sejak jaman dulu.

Colenak sendiri terdiri dari peuyeum yang di bakar di atas arang, kemudian diberikan saus gula merah di atasnya , lalu di berikan parutan kelapa sebagai taburannya. Bagaimana foodies, tertarik untuk mencicipi jajanan satu ini?

 

c) Lotek Bandung

Lotek Bandung
Lotek Bandung (Image Sources)

 

Khusus Makanan khas yang satu ini sekilas dalam penampakannya hampir mirip dengan tampilan  pecel di Jawa Timur, yakni berisi  sayuran rebus yang disiram sambal diatasnya kemudian di campur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan untuk pendamping sambal di samping kacang Akan ditambahkan potongan tempe dan yang membuat beda adalah bumbunya lotek bandung ini terdiri dari terasi, gula merah dan bawang putih.

Umumnya, lotek bandung ini terasa lebih manis daripada pecel. Lotek sendiri dapat disajikan dengan lontong ataupun nasi hangat, dengan garnis khusus, yakni kerupuk dan bawang goreng. Selamat mencoba !

 

d) Rujak Cuka

Rujak Cuka
Rujak Cuka (Image Sources)

 

Kuliner khas Bandung ini tak kalah popular dengan kuliner sebelumnya. Pasalnya yang membedakan dari menu satu ini pasti dari nama tentunya yang sudah tersebar dimana mana. Namun,yang paling membedakan adalah bau cuka yang menyengat, jadi di pastikan setiap orang yang akan memakannnya harus menyiapkan kondisi lambung agar tidak sakit perut, karena memang akan terasa asam dan sangat kecut. Penasaran?  Selamat mencoba peeps !

 

e) Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca
Ulukutek Leunca (Image Sources)

Khusus makanan yang satu ini tentu tidak asing lagi dengan leunca. Ya, leunca merupakan satu jenis lalapan orang sunda, yang mana seiring berjalannya waktu sudah semakin dimodifikasi dalam pembuatan menu menu modern. Salah satunya adalah “Ulukutek Leunca”. Makanan ini sendiri terbuat dari campuran antara oncom dan buah leunca yang dimasak dengan bahan lain sesuai selera.

Tertarik untuk mencobanya foodies? !

loading...

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares