Langkah Mudah Pembuatan Paspor Online, Yuk Simak!

Langkah Mudah Pembuatan Paspor Online, Yuk Simak!

paspor

Kamu yang hobi jalan-jalan pastinya membutuhkan yang namanya paspor, karena saat berada di luar negeri ini adalah benda penting yang wajib kamu bawa. Fatal akibatnya jika kamu lupa membawa benda penting yang satu ini, karena bisa jadi traveling batal hanya karena dokumen ini. Pihak imigrasi sudah pasti akan menolak keberangkatanmu dan pihak berwenang lain juga akan mendatangimu.

Bagi kamu yang belum memiliki dokumen ini dan berencana traveling ke luar negeri, tidak perlu khawatir karena semua saat ini sudah dipermudah dengan adanya layanan membuat paspor online. Pembuatan dengan cara mendatangi ke kantor imigrasi masih berlaku, tapi bukankan lebih mudah membuatnya secara online melalui internet.

Paspor merupakan dokumen terpenting yang wajib kamu bawa saat berada di luar negeri.

Nah, kali ini kami akan sedikit mengulas bagaimana sih proses pembuatan dokumen penting ini secara online yang katanya sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu ini. Penasaran, bukan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Persiapkan Berkassyarat-membuat-paspor

Hal pertama yang harus kamu lakukan sudah pasti menyiapkan berkas pendukung yang diperlukan. Walau pun pendaftaran ini akan kamu lakukan melalui internet atau secara online, persyaratan pembuatannya tetap harus kamu penuhi semua. Kamu tidak harus memindai semua dokumen ini, karena nantinya akan dibawa ke kantor imigrasi. Berikut beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan.

  • Kartu identitas atau e-KTP
  • Kartu Keluarga
  • Akta lahir lahir atau Ijazah terakhir dan juga bisa menggunakan buku nikah bagi yang sudah berkeluarga.
  • Paspor lama bagi yang akan melakukan perpanjangan
  • Untuk pembuatan paspor anak, beberapa dokumen yang harus disiapkan adalah:
  • KTP kedua orangtua
  • Buku nikah orangtua
  • Paspor Ayah atau Ibu jika ada
  1. Isi Formulir di Situs Imigrasipaspor-online

Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi situs imigrasi.go.id lalu pilih layanan paspor online yang berada di Online Service. Nantinya akan ada petunjuk untuk melakukan pengisian dan kamu hanya perlu mengisi semua data yang diperlukan. Untuk kolom kantor imigrasi, silahkan isi dengan lokasi yang akan kamu datangi saat menyerahkan semua data pendukung. Pilih lokasi yang paling dekat dengan domisili kamu saat ini agar semakin mempermudah prosespembuatannya.

  1. Pembayaranpaspor

Jika semua data sudah terisi, maka hal selanjutnya adalah pembayaran. Proses pembayaran ini bisa kamu lakukan melalui bank BNI dengan membawa bukti pengajuan paspor yang tercantum dan biasanya ini akan dikirimkan melalui email. Perlu kamu ingat juga bahwa nantinya akan ada biaya tambahan untuk administrasi bank. Jika sudah melakukan pembayaran maka silahkan fotokopi bukti pembayaran tersebut sebanyak tiga lembar dan satukan dengan berkas permohonan paspor yang sudah kamu miliki. Jangan lupa pula untuk melakukan verifikasi pembayaran melalui email yang sudah terkirim.

  1. Mendatangi Kantor Imigrasikantor-imigrasi

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan mendatangi kantor imigrasi terdekat sesuai berkas yang sudah kamu isi sebelumnya. Kantor Imigrasi buka mulai pukul 07.00 pagi dan tutup pukul 16.00 sore, sedangkan waktu istirahat yang tidak bisa kamu melakukan pengajuan adalah pukul 12.00 – 13.00, kecuali Jumat pukul 11.30 – 13.00.

Nah, itulah beberapa langkah mudah pembuatan paspor. Jika semua proses sudah kamu lalui maka kamu akan menerima berkas untuk pengambilan paspor dan biasanya dapat langsung kamu ambil tiga hari setelah pengajuan. Sekian informasi dari kami dan semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

loading...

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares