Lagi Ke Sulawesi Selatan?Yuk Lebih Mengenal Asal Usul Rumah Adat Toraja

Lagi Ke Sulawesi Selatan?Yuk Lebih Mengenal Asal Usul Rumah Adat Toraja

Jika kamu datang ke Sulawesi Selatan sempetin datang buat ngeliat rumah khas Toraja secara langsung ya !! Nah agar kamu lebih mengenal Rumah adat Toraja simak ulasan berikut ini asal usul rumah adat toraja.

 

SEJARAH RUMAH ADAT TORAJA

rumah-adat-indonesia
Rumah Adat Toraja

Rumah adat Tongkonan adalah rumah adat Sulawesi Selatan yang mempunyai bentuk unik menyerupai bentuk perahu dari kerajaan Cina pada jaman dahulu , rumah Tongkonan ini juga sering sekali di sebut mirip dengan rumah gadang daerah Sumatera Barat. Tongkonan sendiri berasal dari kata “tongkon” yang berarti duduk.er

Menurut masyarakat Toraja kalau tongkonan yang pertama dibangun di Tanah Toraja yang dibangun Puang Matua yang merupakan sang pencipta bagi masyarakat Toraja. Karena di sakral kan oleh masyarakat setempat jadi yang boleh memiliki rumah adat Toraja ini hanyalah orang-orang kalangan bangsawan saja. Dan untuk saat ini rumah ini tidak dapat di miliki per individu karena di miliki secara turun menurun satu keluarga besar marga Toraja.

Di rumah tongkonan yang luas tidak hanya ditinggali satu keluarga kecil melainkan keluarga besar, untuk membangun rumah ini di butuhkan waktu sekitar 3 bulan dan masa dekorasi 1 bulan setelah pengerjaan selesai. Biasanya rumah ini di bangun oleh sepuluh orang selama masa itu dan untuk pengerjaan nya haruslah orang-orang yang mengerti tentang adat Toraja karena di setiap detail rumah khas Toraja ini mengandung arti dan bagian adat Toraja sendiri.

 

ARTI RUMAH TONGKONAN BAGI MASYARAKAT TORAJA

rumah-adat-indonesia
Ukiran Di Rumah Adat Toraja

Rumah Tongkonan bagi masyarakat disana bukan hanya sekedar rumah adat yang biasa-biasa saja, rumah ini menjadi pusat kegiatan adat dalam masyarakat Toraja. Karena rumah ini dahulunya milik para bangsawan Toraja untuk mengadakan rapat dan berdiskusi duduk di dalam nya. Dulu rumah Tongkonan menjadi pusat pemerintahan dan pusat dari segala adat yang ada di Toraja, dan hingga saat ini rumah Tongkonan tetap menjadi yang penting masyarakat Toraja.

Untuk setiap anggota keluarga yang tinggal dalam satu atap di Tongkonan harus selalu patuh dan mengikuti adat dalam rumah tersebut dalam keikutsertaan mereka dalam menjaga rumah Tongkonan. Rumah ini sesuai dengan kepercayaan akan dibangun menghadap ke utara karena menurut para leluhur mereka dating dari daerah utara dan meninggal pun mereka akan kembali bergabung dengan arwah para leluhur mereka dari daerah utara. Karena itu untuk mengenang leluhur mereka membangun rumah Toraja menghadap ke utara. Tapi bentuk tempat tinggal Tongkonan special untuk bangsawan pasti tidak sama dengan tempat tinggal Tongkonan pada umumnya. Dari sisi kolom, jendela, serta dinding di hiasi dengan motif ukiran yang halus dan detail serta bermacam-macam, ini dapat membedakan mana milik tempat tinggal bangsawan dengan Tongkonan pada umumnya. Rumah adat Tongkonan merupakan salah satu rumah adat di Indonesia.

 

FAKTA TENTANG RUMAH ADAT TORAJA

rumah-adat-indonesia
Kepala Kerbau Di Depan Rumah Adat Toraja

Rumah Toraja ini memiliki arti di setiap sudutnya dan memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat disana, dengan begitu banyak hal menarik yang harus di bahas tentang rumah Toraja ini. Kamu mungkin sudah banyak sedikit mengetahui tentang adanya tanduk kerbau yang melambangkan kemampuan pemilik rumah untuk hal perekonimian, jika banyak kepala kerbau akan membuat naik derajat pemilik dalam hal perekonomian .Dalam hal ini juga melambangkan berapa jumlah kerbau yang bisa di pesembahkan dan disembelih pada saat acara pemakaman di tanah toraja untuk salah satu anggota keluarga dalam satu rumah tersebut . fakta lainnya yang cukup unik adalah jenazahnya tidak akan di kubur langsung melainkan akan di simpan dahulu dalam rumah beberapa saat agar tidak menimbulkan bau maka akan di berikan balsam tertentu agar tidak menimbulkan bau busuk.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares