“Hmm Ini Dia” 15 Tempat Wisata Di Makassar Yang Wajib Kamu Kunjungi

“Hmm Ini Dia” 15 Tempat Wisata Di Makassar Yang Wajib Kamu Kunjungi

Sulawesi Selatan memiliki banyak destinasi wisata contohnya di kota Makassar ,kota ini memiliki beberapa wisata andalan mulai dari pantainya sampai dataran tingginya . Jangan sampai saat kamu ke Makassar tidak tahu akan pergi berwisata di mana, maka dari itu kami kali ini akan membahas 15 tempat wisata di Makassar yang wajib kamu kunjungi. Semoga memudahkan kamu untuk memilih untuk menghabiskan liburanmu , semoga liburanmu menyenangkan !!.

 

  1. Pantai Losari

tempat-wisata-makassar

Pantai yang ada di Makassar ini  adalah salah satu wisata andalan kota ini, dengan memiliki keunikan di pasirnya karena pantai ini tidak memiliki pasir . Di tepian pantai ini terdapat beton karena tidak memiliki pasir bukan berarti pantai ini tidak menarik untuk di kunjungi , ada banyak hal yang dapat kamu lakukan di pantai ini seperti memancing ,bersepeda air , banana boat, berlayar dengan perahu yang telah di sediakan dan masih banyak lagi. Tentu di sini kamu akan menemukan kuliner khas Makassar seperti coto, sop konro,pisang ape dan es pallu butung.

 

  1. Benteng Rotterdam

tempat-wisata-makassar

Benteng Rotterdam ini adalah bangunan peninggalan bersejarah zaman Kerajaan Gowa-Tallo di bangun pada tahun 1545 oleh raja ke 9.  Letak banteng ini tidak terlalu jauh dari pantai Losari , dahulunya banteng ini di bangun menggunakan tanah liat dan putih telur tapi kemudian di sempurnakan oleh raja ke 14. Benteng ini jika terlihat dari atas nampak seperti penyu yang merangkak kea rah lautan , hal tersebut sesuai dengan kejayaan Kerajaan Gowa-Tallo yang berjaya di lautan maupun di daratan. Dahulunya banteng ini memiliki nama “Benteng Ujungpandang” namun setelah berpindah tangan ke Belanda akhirnya berganti nama menjadi Fort Rotterdam dan popular dengan nama itu hingga saat ini. Tempat ini pada zaman Beelanda di gunakan untuk menyimpan rempah-rempah , dan terdapat 13 bangunan dengan 5 menara. Tempat wisata ini buka setiapa hari mulai pukul 08.00 sampai 18.00 dan untuk tiket masuknya gratis tapi jika kamu masuk ke museum kamu akan di kenakan biaya sebesar Rp 7.500 per orang dan untuk museumnya buka setiap haari selasa-minggu dari pukul 08.00 sampai 12.30.

 

  1. Trans Studio Makassar

tempat-wisata-makassar

Trans Studio Makassar ini di buka pada tanggal 20 Mei 2009 dan menjadiikon modern di kota ini, dengan memiliki luas 2,7 hektar di dalamnya terdapat 21 wahana dan empat zona permainan. Seperti Studio Central, Cartoon City  , Lost City, dan Magic Corner , buka setiap hari mulai pukul  10.00 ssampai 19.00 kecuali jika libur akhir pekan atau libur nasional maka akan buka hingga 21.00 . Untuk biaya masuk nya di kenakan Rp 100.000 pada hari biasa , Rp 175.000 pada akhir pekan dan Rp 200.000 rupiah saat ada event tertentu disini.

 

  1. Pantai Akkarena

tempat-wisata-makassar

Pantai Akkarena ini memiliki fungsi sebagai dermaga tempat berlabuhnya kapal-kapal yang mengantarkan paraa wisatawan berkeliling di sekitar laut di Makassar. Di pantai ini kamu dapat melihat matahari tenggelam serta mencoba fasilitas yang telah di sediakan yaitu banana boat , loker, tanam hidangan , flying fish , air jetskii dan tempat parkir yang begitu luas.

 

  1. Pulau Gusung

Pulau Gusung

Pulau Gusung ini letaknya tidak begitu jauh dari kota Makassar dari dermaga popsa kamu dapat menyewa kapal dengan waktu 10 menit kamu sudah sampai , Pulau Busung ini dahulunya adalah sebuah tanggul namun dengan seiringnya waktu menumpuk menjadi pasir yang putih dan terbentuk lah sebuah pulau kecil hingga saat ini.

 

  1. Pulau Kayangan

Pulau Kayangan

Pulau ini berada di tengah laut dan kecil , dari dermaga popsa kamu dapat  sampai dengan 20 menit . Meskipun nampak kecil pulau ini sebenarnya pulau Kayangan ini memiliki fasilitas yang cukup lumayan seperti restoran, resort atau pun olahraga air yaitu jetsky , banana boat , kolam renang.

 

  1. Pulau Lae-Lae

Pulau Lae-Lae

Pulau ini di huni oleh 2.000 jiwa pulau jaman peninggalan jepang ini dapat kamu kunjungi dari dermaga depan Fort Rotterdam dengan waktu 10-15 menit. Disini  kamu dapat menyewa bambu untu bersantai sambil menikmati pemandangan , di pulau ini ada terowongan bawah tanah yang di gunakan dahulu pada saat perang tapi saat ini sudah tidak bisa menjelajahi terowngan ini di karenakan pintu masuknya telah tertimbun.

 

  1. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng ini dari pusat kota Makssar berjarak  sekitar 14 menit , pulau ini tidak berpenghuni. Yang menjadi daya tarik disini adalah air lautnya yang berwarna biru muda, biru toska dan biru tua , buat kamu yang hobi snorkling kamu harus mencoba untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Tapi di tempat ini tidak ada fasilitas apapun jadi kamu harus mempersiapakan bekal makanan , snorkelling dll sendiri sebelum datang ke pulau ini.

 

  1. Pulau Samalona

Pulau Samalona

Pulau  Samalona ini terkenanl dengan keindahan terumbu karangnya seperti yang ada di Gili Trawangan di Lombok , pulau ini  cukup terkenal di wisata local dan mancanegara biasanya datang untuk menyelam dan menikmati indahnya pemandangan bawah lautnya.

 

  1. Desa Wisata Lakkang

Desa Wisata Lakkang

Desa ini berada di kecamatan Tallo dengan di kelilingi sungai-sungai dengan tempat yang masih terlihat asri jauh dari hiruk-pikuk  kota Makassar. Kamu dapat menikmati suasana yang menyegarkan adanya pepohonan yang telah berusia tua, adanya  daerah pertanian, empang, dan kawanan nelayan, oh ya disini  juga terdapat bunker jepang berada dalam 7 titik.

 

  1. Pantai Tanjung Bayang

Pantai Tanjung Bayang

Di Pantai Tanjung Bayang ini kamu dapat mendapatkan semuanya mulai dari kesenangan dan keindahan, pantai ini berada di kelurahan Barombong  , kecamatan Tamalate, Makassar ,  Sulawesi Selatan .  Berjarak 4 km dari pusat kota yang menjadi kelbihan pantai ini adalah lokasinya yang menghadap ke ufuk barat di selat Makassar , disini kamu dapat melihat sunset sepuasnya . Para warga sekitar dan wisatawan menjadikan Pantai ini menjadi tempat faforit untuk menghabiskan waktu liburan atau hanya sekedar melihat matahari terbenam.

 

  1. Pantai Tanjung Anging Mamiri

Pantai Tanjung Anging Mamiri

Pantai Anging Mamiri berjarak sekitar 20 menit dari pusat kota , pantai ini sebenarnya masih dalam kesatuan tempat rekreasi dengan pantai Akarena , Pantai Tanjung Merdeka, Pantai Tanjung Bayam . Sebenarnya penamaan pantai tersebut berbeda di karenakan perbedaan management saja , karena pantai anging mamiri ini di kelola oleh masyarakat sekitar seperti parkir , restribusi masuk maupun pondok-pondok yang berada di tepi pantai.

 

  1. Pantai Tanjung Merdeka

Pantai Tanjung Merdeka

Pantai ini berbatasan langsung dengan pantai Barombong, untuk memasuki lokasi pantai ini kamu harus melalui jalan Metro Tanjung Bunga . Dan terdapat juga jalan masuk yang di apit oleh dua cluster Rosewood  dan cluster Blossom kamu akan menemukan pos tempat membeli karcis sebelum memasuki pantai . Disekitar pantai ini adalah rumah-rumah para penduduk yang mayoritas bekerja sebagai nelayan, di sekitar rumah penduduk kamu akan menemukan pondok ataupun villa yang terbuat dari kayu dan  beton yang dapat kamu sewa.

 

  1. Bugis Waterpark

Bugis Waterpark

Tempat rekreasi yang satu ini berada di perumahan bukit baruga , disini menyediakan wahana permainan air yang begitu lengkap. Ada kolam untuk orang dewasa dan anak-anak , ada wahana yang dapat kamu lakukan seperti multislide , free fall , body slide , black hole dan rafting slide , whirpool, kidspool , dll .

 

  1. Desa Nelayang Salodong

Desa Nelayang Salodong

Desa ini masih dalam lokasi pelabuhan dengan suasana sepi di kantor Administrasi  PPI Untia  dan tempat pembongkaran ikan , dahulunya tempat ini menjadi audiensi Jokowi dengan para nelayan sesaat peresmian PPI Untia 26 November 2016 . Di dua lokasi ini tidak di temukan pegawai ataupun staff alhasil enggak pernah ada nelayan yang membongkar hasil tangkapannya .

loading...

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares