Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Gak Perlu Upload Foto Liburan!

Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Gak Perlu Upload Foto Liburan!

Liburan

Liburan dan pamer foto di Instagram kini menjadi sepaket trend yang digemari orang-orang. Berlibur bukan lagi soal refreshing. Tapi untuk mengeksplor tempat baru, memamerkannya di sosial media, atau malah karena tergoda foto travelling orang lain. Kamu masuk golongan mana nih?

Sadarkah kamu bahwa mengunggah foto liburan ke Instagram itu banyak dampak negatifnya? Mungkin jarang terlintas di benakmu. Lewat lima alasan di bawah ini, yuk pikir-pikir lagi sebelum pamer foto traveling. Apa saja sih bahayanya?

Alasan Kamu Gak Perlu Unggah Foto Liburan ke Instagram

  1. Merusak Makna LiburanLiburan

Coba tanyakan ulang pada dirimu sendiri, apa sesungguhnya hakikat liburan? Berlibur adalah aktivitas yang dilakukan di sela-sela kesibukan, untuk melepas penat dan menyegarkan tubuh. Orang-orang dulu pergi berlibur untuk mencari ketenangan. Menepi sejenak dari rutinitas dan keramaian.

Beda dengan sekarang, di mana sebagian besar orang pergi berlibur karena mengetahui tempat wisata baru. Melihatnya dari tagar-tagar di Instagram, lalu tergiur untuk pergi. Sesampainya di sana, bukan menikmati pemandangan atau fasilitas yang ditawarkan, orang-orang malah sibuk mencari spot foto terbaik lalu mengunggahnya ke Instagram.

  1. Merusak AlamLiburan

Masih ingat nasib kebun bunga di Yogyakarta yang rusak akibat para pasukan selfie? Memamerkan foto traveling akan membuat orang lain mengetahui lokasi tujuanmu. Melihat pemandangan atau background fotonya yang menarik, mereka pasti ingin juga memliliki foto di sana. Biar feeds Instagram-nya makin kece, ya gak?

Sadarkah kamu bahwa tindakan ini bisa mengancam kebersihan dan kelestarian alam? Gak cuma kebun bunga di Yogyakarta, banyak kasus kerusakan tempat wisata yang diakibatkan oleh membludaknya pengunjung. Ada yang jembatannya samapi roboh dan tragedi hanyut di air terjun. Gak mau kan foto liburanmu malam memakan korban?

  1. TujuanLiburan

Bukan berarti gak boleh sama sekali mengunggah foto traveling. Tapi, coba pikirkan ulang tujuannya. Apa yang sesungguhnya kamu inginkan dari mengunggah foto tersebut? Jika dulu para traveller memanfaatkan media blog untuk membagi info perjalanan, kini keberadaan Instagram memang cukup membantu. Bisa memberikan ilustrasi yang lebih jelas berupa foto.

Tapi tentu saja bukan asal unggah foto selfie berlatar tempat wisata. Pastikan di kolom caption memuat data yang informatif dan bermanfaat bagi netizen. Misalnya tentang akses menuju ke sana, hal-hal yang harus dihindari, atau sejarah tempat wisata.

Jadi, siapa nih yang hobi pamer foto liburan? Daripada fokus pada keindahan foto, lebih baik nikmati liburan sebagai waktu privat saja yuk!

loading...

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares