9 Wisata Kuliner Khas Sumatera Barat Yang Wajib Banget Kamu Coba !!!

9 Wisata Kuliner Khas Sumatera Barat Yang Wajib Banget Kamu Coba !!!

Jika kamu berwisata ke provinsi ini pasti rasanya tidak lengkap jika tidak melakukan wisata kuliner khas Sumatera Barat Makanan khas ini terkenal sampai luar negeri juga loh !! , Sumatera Barat ini terkenal  dengan ragam masakan Minangkabau dan restoran padangnya . Nah jika kamu berkunjung di Sumatera Barat , berikut daftar makanan khas yang patut untuk kamu coba.

 

 

  1. Rendang

wisata kuliner sumatera barat
Rendang, masakan khas Sumatera Barat

Rendang adalah salah satu makanan khas Sumatera Barat , masakan  daging dengan rasa otentik bisa kamu temukan di Pariaman, Bukittinggi, Batu Sangkar , Nagari Pariangan, Padang, Padang Panjang , Pasaman Sumatera Barat. Selain mengandung rempah-rempah yang banyak serta memiliki citarasa yang enak rendang ini dapat bertahan lama . Bahan untuk membuat rendang adalah daging has dalam sapi, cuci bersih lalu di bumbui dengan cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dll. Masak daging selama 4 jam hingga santan berwana kecoklatan.

 

  1. Sate Padang

wisata kuliner sumatera barat
Sate Padang, makanan khas sumatera barat

Sate padang ini telah memiliki penggemar sendiri , sate ini terbuat dari daging sapi ,jeroan sapi seperti usus, dan jantung sapi di bakar menggunakan rempah-rempah. Setelah matang sate ini di makan menggunakan bumbu kacang yang kental dan di campur cabe.

 

  1. Dendeng Balado Dan Dendeng Batokok

wisata kuliner sumatera barat
Dendeng Balado Dan Dendeng Batokok ,makanan Sumatera Barat

Dendeng balado dan Dendeng Batokok ini terbuat dari daging sapi yang di potong tipis lalu di keringkan dan di goreng sampai garing. Kemudian di bumbui dengan bumbu balado , denden Batokok hampir sama dengan dendeng Balado hanya saja dendeng Batokok terbuat dari cabai hijau bukan cabai merah seperti balaado.

 

  1. Sala Lauak

wisata kuliner sumatera barat
Sala Lauak ,makanan Sumatera Barat

Makanan khas ini sering di temukan di Pariaman , biasanya di santap sebagai menu sarapan dengan ketupat gulai . Sala lauak ini adalah sejenis gorengan yang terbuat dari ikan asin di campur tepung beras dan di bumbui bawang putih . Dengan perpaduan bumbu yang pas membuat masakan ini begitu gurih dengan tekstur bagian luar yang renyak dan dalam nya lembut.

 

  1. Gulai Toco

wisata kuliner sumatera barat
Gulai Toco,makanan Sumatera Barat

Toco sebenarnya adalah tauco yang dimasak dengan buncis , tahu, tempe, udang ataupun ayam semua baahan di masak sampai mengental . Di daerah Minang makanan ini memiliki cita rasa yang khas dengan aroma tauco atau toco.

 

  1. Katan Durian

wisata kuliner sumatera barat
Katan Durian,makanan Sumatera Barat

Makanan ini paling di sukai oleh masyarkat Sumatera Barat, katan durian ini terbuat dari  katan atau ketan yang di padu dengan buah durian. Karena buah durian ini cukup mudah sekali di temukan di Sumatera Barat, katan durian ini di hidangkan dengan ketan yang di taburi kelapa parut dan sedikit garam halus dan di tambah buah durian.

 

  1. Lamang

wisata kuliner sumatera barat
Lamang ,makanan Sumatera Barat

Makanan ini hanya ada di pasar tradisional di Sumatera Barat, lamang ini terbuat dari ketan putih yang di beri garam . Lalu di masukan ke dalam ruas bambu yang masih muda yang telah di lapisi daun pisang ,  kemudian di masak sampai matang. Lamang ini memiliki 2 jenis lamang ketan dan lamang pisang. Biasanya di santap saat sore hari dengan tape ketan hitam.

 

  1. Galamai

wisata kuliner sumatera barat
Galamai ,makanan Sumatera Barat

Galamai ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan dodol ataupun jenang . Di Sumatera Barat ini galamai lebih di kenal berasal dari daerah Payakumbuh , Provinsi Sumatera Barat . Jajanan lengket ini terbuat dari tepung beras ketan di masak dengan santan , gula merah, gula aren. Semua di masak dalam waktu empat jam di kuali yang besar dari tanah liat, selama proses pemasakan galamai harus tetap di aduk aagar tidak lengket.

 

  1. Teh Talua

Teh-Talua-Kuliner-khas-Sumatera-Barat

Teh Talua ini terbuat dari teh yang di seduh kental dengan di campur gula dan telur dengan sedikit perasan jeruk nipis , tapi tak sembarang telur yang di gunakan lebih enak  lagi jika menggunkan telur ayam kampung atau telur bebek . Minuman ini adalah minuman andalan di Sumatera Barat.

loading...

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares