9 Destinasi Wisata Alam Gunung Di Jawa Tengah Yang Memikat Hati

9 Destinasi Wisata Alam Gunung Di Jawa Tengah Yang Memikat Hati

Provinsi di antara Jawa Timur dan Jawa Barat adalah daerah yang memiliki banyak destinasi wisata alam gunung di Jawa Tengah , tempat ini menjadi surga bagi para  pendaki gunung. Pendakian gunung telah menjadi trend di kalangan anak muda yang sudah cukup umur , tapi pegunung pasti tidak pernah sepi palagi saat libur panjang . Berikut 9 destinasi gunung di Jawa Tengah yang pastinya menarik untuk di kunjungi.

 

Destinasi Wisata Gunung Untuk Para Pendaki Pemula

 

  1. Gunung Andong

wisata-gunung-jawa-tengah
Gunung Andong

Gunung Andong memiliki ketinggian 1726 mdpl , jadi kamu dapat melihat pemukiman berada di kaki gunung . Rute yang di tempuh cukup mudah hanya membutuhkan waktu kurang dari dua jam untuk sampai di puncak , maka dari itu banyak pendaki pemula yang mulai pendakian di gunung Andong. Tapi karena kondisinya sempit membuat area perkemahannya kurang nyaman dan cukup berbahaya.

 

  1. Gunung Prau

wisata-gunung-jawa-tengah
Gunung Prau

Gunung Prau ini selalu di penuhi oleh para pendaki saat liburan panjang , karena rutenya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk sampai ke puncaknya. Dari gunung ini kamu dapat melihat golden sunrise , yang telah di gadang-gadang sebagai sunrise terbaik se Asia Tenggara. Gunung Prau ini memiliki ketinggian 2565 mdpl , jadi kamu dapat melihat pegunungan yang berada di sekitarnya , seperti gunung Slamet, gunung Sindoro, gunung Sumbing , gunung Merbabu, gunung Merapi, gunung Andong dll. Pemandangan nya sangat indah tapi mungkin kamu akan sedikit terganggu jika saat liburan oleh para pendaki lainnya yang lalu Lalang, sebaiknya kamu cari hari lain saja dimana tempat ini tidak seramai saat liburan.

 

  1. Gunung Ungaran

wisata-gunung-jawa-tengah
Gunung Ungaran

Gunung Ungaran ini masih jarang di minati oleh para pendaki , meskipun pemandangan nya tidak akan kalah dengan pegunungan lainnya. Puncak gunung Ungaran Jawa Tengah tidak terlalu tinggi , ketinggiannya sekitar 2050 mdpl , meskipun begitu membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 6-7 jam untuk perjalanannya tapi kamu tidak akan bosan karena pemandangan nya yang indah dan berganti-ganti .Puncaknya pun tidak memiliki hamparan yang luas , di sana kamu akan bertemu dengan monument tantara . Turun sedikit dari puncak kamu akan menemukan pepohanan yang rindah di sini lah kamu dapat mendirikan tenda.

 

Destinasi Wisata Gunung Untuk Pendaki Kelas Menengah

 

  1. Gunung Merapi

wisata-gunung-jawa-tengah
Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia , jadi saat kamu mendaki gunung ini kmau dapat melihat aktivitas vulkaniknya . Karena wisata gunung andalan pemerintah memberikan keamanan dan kenyamanan , jadi saat pendakian kamu hanya boleh sampai di pos terakhir yaitu pasar bubrah. Untuk mencapai nya ldi butuhkan waktu sekitar 4 jam termasuk istrirahatnya , medannya cukup terjal untuk para pendaki pemula. Untuk sampai di puncaknya kamu harus melewati 5 pos, dimana setiap pos kamu dapat melihat petunjuk perjalanan .

 

  1. Gunung Merbabu

wisata-gunung-jawa-tengah
Gunung Merbabu

Gunung Merbabu ini adalah dimana banyak di temukannnya bunga eidelwis , kamu dapat melihat kesuburan bunga eidelweis setelah melewati pos 3 , setelah itu perjalanan mu akan di temani oleh bunga eidelweis di kanan kiri . Selain bunga eidelweisnya yang menjadi daya tarik tapi juga ada padang sabana di pos 4 dan pos 5 tapi kamu harus mendaki melalui jalur selo ataupun jalur gancik. Dimana rumput-rumput di padang sabana ini memiliki ketinggian sekitar 20-25 cm , jika kamu ingin perjalanan yang cepat kamu bisa mengambil jalur Thekelan Salatiga.

 

  1. Gunung Lawu

wisata-gunung-jawa-tengah
Gunung Lawu

Gunung Lawu adalah salah satu gunung yang mempunyai akses jalan buatan terpanjang, gunung ini adalah gunung strato yang sudah lama tidak menunjukkan tanda vulkankologi. Dari puncak ini kamu dapat melihat pemandangan kota Magetan, Ngawi , Solo dan Karanganyar, setiap malam satu suro di puncak ini selalu diadakan ritual karena di puncak terdapat bangunan joglo peninggalan prabu brawijaya.

 

Destinasi Wisata Gunung Untuk Kelas Expert

 

  1. Gunung Sumbing

wisata-gunung-jawa-tengah
Gunung Sumbing

Gunung Sumbing adalah gunung yang masih aktif , jadi para pendaki di larang bermalam di puncak karena terlalu berbahaya . Jika menuju ke kawah kamu hanya perlu sedikit turun lalu melewati hamparan pasir yang luas , tapi kamu hanya bisa mendekati kawah ini saat siang hari jika malam hari cukup berbahaya di karenakan gas yang di hasilkan saat malam hari sangat berbahaya. Untuk perjalanan mungkin sedikit sulit karena banyak jalan yang sempit serta setriap kamu meminjakkan kaki di pasir kaki mu akan tenggelam sehingga cukup menyulitkan perjalanan mu. Gunung Sumbing ini memiliki ketinggian sekitar 3371 mdpl dan membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk sampai di pos terakhir.

 

  1. Gunung Sindoro

wisata-gunung-jawa-tengah
Gunung Sindoro

Gunung Sindoro ini memiliki medan yang cukup sulit , dari jalan setapaknya yang menanjak dan berpasir akan membuatmu kehabisan tenaga untuk sampai di puncaknya . Jika kamu mendaki saat malam hari sebaiknya gunakan sepatu dan celana panjang , karena pasir ini akan menjadi sangat dingin sehingga membuat mu mati rasa. Para pendaki di larang bermalam di puncak karena saat sore dan malam hari sangat berbahaya , saat malam hari mungkin kamu bisa di datangi babi hutan karena disini masih banyak babi hutan yang hidup di Gunung Sindoro. Jadi kamu harus berhati-hati kalau perlu ada yang berajaga pada malam hari , ada spot foto yang menarik yang bisa kamu gunakan sebagai dokumentasi momenmu seperti padang sabana , bunga eidelweis dan telaga kecil.

 

  1. Gunung Slamet

wisata-gunung-jawa-tengah
Gunung Slamet

Gunung Slamet ini menjadi gunung tertinggi di Jawa Tengah dan menjadi nomor dua di Jawa , dengan gelarnya kamu harus mempersiapkan perjalananmu . Karena jalur pendakian yang panjang dan terjal tidak akan mampu di lalui hanya asal-asalan, lebih baik kamu mendakinya saat liburan panjang . Jangan lupa siapkan fisik dan bekal sebaiknya agar kamu dapat menikamti perjalanan tanpa terkendala , jangan mengambil apapun di gunung ya guys.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares