6 Museum Di Jakarta Yang Jarang Di Kunjungi Wisatawan

6 Museum Di Jakarta Yang Jarang Di Kunjungi Wisatawan

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang Museum Fatahillah dan Museum Nasional , mungkin kamu malah sudah sering mengunjungi kedua museum itu. Lalu bagaimana dengan 6 museum di jakarta berikut ini ? apakah kamu sudah pernah mengunjunginya ?

Kamu pasti tidak akan menyangka kalau Jakarta mempunyai 60 museum lebih. Sayangnya tidak semua orang sadar dan tahu tentang keberadaan museum-museum ini, padahal di Jakarta memiliki begitu banyak museum yang keren. Berikut 6 museum di Jakarta yang jarang di kunjungi wisatawan.

1. Museum Taman Prasasti (Jakarta Pusat)

museum-jakarta
Museum Taman Prasasti

Museum Prsasti adalah sebuah cagar budaya masa peninggalan colonial Belanda, di jl. Tanah Abang No.01 , Jakarta Pusat dan memiliki luas 1,2 hektar. Di Museum ini banyak menyimpan nisan kuno dan berbagai macam patung, suasananya sunyi dan sepi karena tempat ini jarang di kunjungi wisatawan. Di dalam nya terdapat miniatur makam khas dari seluruh Indonesia , kereta jenazah yang antik. Dan juga memamerkan beragam karya seni indah dari para pematung , pemahat, kaligrafer, serta sastrawan. Ada patung-patung besar yang menghiasi di setiap sudutnya, dapat kamu lihat dari ketiga patung yang selalu menyambut tamu di bagian depan museum.

2. Museum Basuki Abdullah

museum-jakarta
Museum Basuki Abdullah

Apakah kamu mengenal sosok Basuki Abdullah seorang pelukis yang hasilnya begitu indah dan di kenal semua orang, tapi apakah kamu mengetahui pelukis ini memiliki museum ???

Museum ini terletak di jl. Keuangan Raya No.19 , Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Museum ini di bangun tahun 2001, dan mempunyai 2 lantai yang sebenarnya tempat ini rumah pribadi Basuki Abdullah dan keluarga. Saat di lantai satu pengunjung akan di hadapkan barang-barang koleksi milik sang maestro, patung-patung, seperti wayang, baju-baju nyentrik yang pernah di gunakan beliau, alat-alat lukis, senapan, buku-buku, dan jam tangan.

Di lantai satu ini ada kamar Basuki Abdullah , yang dulu tempat dimana beliau di bunuh oleh kawanan perampok yang ingin mencuri jam tangan antic nya. Naik ke lantai dua kamu akan menemui 40 lukisan karya Basuki Abdullah ,dengan berbagai tema seperti pemandangan alam, tokoh-tokoh besar negara, dan lukisan abstrak. Dan ada juga ruang perpustakaan yang menyimpan 3.000 koleksi buku Basuki, jika kamu ingin berkunjung kesini kamu bisa dating pada hari Selasa-Jumat pukul 08.00-16.00 dan Sabtu dan Minggu pukul 08-15.00 dengan membayar tiket masuk seharga Rp.2.000,- saja.

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

museum-jakarta
Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik ini terletak di jl.Pos Kota No.2 , Jakarta Barat yang memiliki sekitar 500 karya seni yang berbeda-beda, seperti patung grafis, dan batik tulis. Di sini ada berbagai macam koleksi keramik yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri, untuk keramik dalam negeri di ambil langsung dari sentra industry daerah seperti Aceh , Palembang, Medan , Lampung, Jakarta,dll. Museum ini juga di lengkapi dengan perpustakaan yang terdapat buku seni rupa dan keramik yang dapat di jadikan panduan seni rupa. Dan yang lebih menyenangkan adalah kamu dapat belajar langsung tentang pembuatan gerabah, langsung saja masuk ke Studio Gerabah.

4. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

museum-jakarta
Museum Naskah Proklamasi

Museum ini adalah museum yang berjasa dengan sejarah Indonesia yang terletak di Jl. Imam Bonjol No.01 Jakarta Pusat disinilah juga tempat perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dari luar tempat ini nampak gagah dan megah dengan bangunannya tua yang khas Eropa, cukup Rp 2.000,- saja untuk tiket masuk ke museum ini.

Di sana terdapat ruang pertemuan yang dijadikan Ahmad Subarjo, Soekarno, dan Hatta bertemu dengan Laksamana Tadashi Maeda. Yang bertujuan meminjam rumah Maeda sebagai tempat perumusan naskah proklamasi, jika kamu masuk lebih dalam lagi akan menemui meja besar dan 3 patung tokoh-tokoh tersebut. Naik ke lantai dua kamu akan masuk ke ruang pameran yang terdapat kisah-kisah perjuangan bangsa ini sejak 1942 hingga mempertahankan kemerdekaan. Museum ini juga memiliki ruang baca, perpustakaan dan bunker bawah tanah.

5. Museum Sumpah Pemuda

museum-jakarta
Museum Sumpah Pemuda

Museum ini berada di jl. Kramat Raya No.106, Jakarta Pusat, kamu akan langsung di sambut dengan 3 patung yang menggambarkan anak muda sedang berdiskusi. Saat kamu masuk lebih dalam disana ada 7 patung pemuda dan satu patung yang sedang memainkan biola, dia adalah WR Supratman. Di dalam ruangan inti kamu akan mendapatkan banyak informasi terperinci tentang sumpah pemuda , dan di bagian tembok ada satu ukiran tentang isi sumpah pemuda.

6. Museum Art Mon Decor

museum-jakarta
Museum Art Mon Decor

Museum Art Mon Decor menyediakan fasilitas untuk pengunjung, museum ini juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Museum Terbaik kategori Sarana dan Fasilitas untuk pengunjung. Bangunannya dari luar tak terlihat seperti museum , karena bangunannya cenderung mirip bangunan modern di perkotaan dan museum ini selalu mengganti tema nya 3 bulan sekali.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares