5 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Terbaru Wajib Di Kunjungi Saat Liburan

5 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Terbaru Wajib Di Kunjungi Saat Liburan

Jawa Tengah Berada di antara Jawa Barat dan Jawa Timur , provinsi ini memiliki 35 kabupaten dengan total luas kota 32.548 km². Ada banyak tempat wisata di Jawa Tengah terbaru yang dapat kamu kunjungi bersama keluarga, teman , dan pasangan kamu.  Disisni tidak hanya menyediakan wisata alam saja tapi juga wisata sejarahnya , edukasi , geologi, budaya, arsitektur, kuliner dan belanja. Nah kami mempunyai referensi tempat wisata di Jawa Tengah yang akan memudahkan kamu untuk memilih akan berkunjung kemana saja saat di provinsi ini.

 

  1. Pantai Teluk Penyu

wisata-jawa-tengah
Pantai Teluk Penyu

Tempat wisata ini berada di kabupaten paling barat di Jawa Tengah , yang menjadi daya tarik di sini adalah panoramanya yang menawan serta ombak yang tinggi . Para wisatawan biasanya melakukan aktivitas seperti bermain bola, berenang, atau watersport. Dan apabila kamu berkunjung di waktu yang tepat kamu dapat menyaksikan upacara sedekah laut yang dilakukan oleh warga sekitar. Pantai Teluk Penyu ini memiliki fasilitas yang dapat membuat para pengunjung nyaman serta betah yaitu gazebo, toilet, tempat ibadah , kolam pemancingan , perahu yang di gunakan untuk menyeberang ke Pulau Nusakambangan. Berjarak 2 km dari pusat Kota Cilacap , buka setiap hari mulai dari pukul  08.00-18.00 WIB dengan membayar sebesar Rp 5.000 per orang.

 

  1. Baturaden

wisata-jawa-tengah
Baturaden

Baturaden ini terletak di salah satu sisi Lereng Gunung Slamet , wisata ini termasuk wisata alam dengan suasana yang masih asri dan sejuk . Di dalam baturaden ada beberapa wisata yang menarik yaitu sebagai berikut :

 

  • Pancuran Pitu dan Pancuran Telu adalah pemandian air panas dengan kandungan belerang yang di percaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

 

  • Telaga Sunyi yang berlokasi di pusat wisata Baturaden dan merupakan mata air alami yang begitu jernih , tapi parsa pengunjung di larang untuk mandi dan berenang di telaga ini guna untuk menjaga kelastariannya.

 

  • Bumi Perkemahan tempat alternative untuk kamu menginap selama berada di Banyumas , tempat ini pernah di pakai untuk menyelenggarakan Jambore Nasional Pramuka di tahun 2001.

 

  • Kaloka Widya Mandala adalah kenun binatang yang telah di resmikan pada tahun 1995.

 

  • Teater Alam Baturaden adalah sebuah bioskop yang berada di dalam pesawat bekas Foxer 28 milik Garuda Indonesia , film yang di putar seperti bencana alam yaitu contoh nya tsunami dan erupsi gunung Merapi.

 

Kompleks wisata satu ini berada di Karangmangu, Baturaden berjarak 15 km dari pusat Kota Purwoketo . Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB dan untuyk harga tiket masuknya ke Baturaden Rp 14.000 per orang , Pancuran Telu Rp 10.000 per orang , Teater Alam Rp 5.000 per orang.

 

 

  1. Gua Maria Kaliori Banyumas

wisata-jawa-tengah
Gua Maria Kaliori Banyumas

Gua ini termasuk wisata alam dan religi di Banyumas , khususnya untuk umat Katolik . Sebagai tempat ziarah umat Katolik Gua Maria Kaliori ini di berkati oleh Bapa Suci Yohanes Paulus II dalam Misa Agung di Yogyakarta pada 10 oktober 1989, lalu dua bulan kemudian gua ini di resmikan untuk ziarah umat katolik. Gua ini memiliki fasilitas di antara nya aula, pemakaman imam dan uskup , toilet dan kamar mandi , gereja , Taman Rosario Hidup, pendapa , ruang pengakuan dosa , kapel , dan rumah retret. Serta ada toko souvenir yang bertemakan katolik , gua ini berlokasi di jl. Gua Maria Kaliori , Kalibogor, Banyumas dan berjarak sekitar 20 km dari Purwokerto. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam , tapi pemesanan tempat hanya dapat di lakukan mulai pukul 08.00-16.00 WIB , kamu tidak akan di kenakan biaya masuk hanya saja akan di mintai sumbangan suka rela dan biaya menyewa fasilitas.

 

 

  1. Owabong Waterpark Purbalingga

wisata-jawa-tengah
Owabong Waterpark Purbalingga

Taman rekreasi ini memiliki luas 4,8 hektar di Purbalingga, dahulunya tempat ini adalah kolam renang pribadi warga Belanda pada zaman penjajahan lalu di beli oleh seorang keturunan Tiongkok dan akhir nya di beli oleh pemerintah setempat lalu di bangun dan di buka untuk umum. Disini terdapat 15 wahana seperti kolam arus , ember tumpah , kolam pesta air , kolam permainan , rafting adventure dan terapi ikan . Gak hanya wahana air saja loh tapi juga ada wahana permainan di darat seperti bioskop 4D dan sirkuit go-kart. Tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB dengan biaya masuk Rp 23.000 pada akhir pekan atau liburan dan Rp 18.000 setiap hari senin-jumat.

 

 

  1. Waduk Mrica Banjarnegara

wisata-jawa-tengah
Waduk Mrica Banjarnegara

Waduk ini memiliki pemandangan yang menabjubkan serta memiliki fasilitas yang akan membuat para pengunjungnya betah dan nyaman seperti perahu motor , perahu dayung , pemancingan, padang golf, area permainan anak. Di tepi waduk terdapat kuliner khas Banjarnegara seperti dawet dan serabi. Memiliki panjang 6,5 km dan luas 1.250 hektar , waduk ini termasuk bendungan yang terpanjang di Asia Tenggara serta menjadi PLTA sebesar 184,5 megawatt merupakan daya listrik yang besar untuk di Pulau Jawa dan Bali . Wisata ini berjarak 9 km dari pusat Kabupaten Banjarnegara , tempat ini buka setiap hari dengan biaya masuk Rp 2.000 per orang.

 

 

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares