Pendaki Gunung Wajib Banget Bawa 5 Alat Hiking Paling Penting Ini!

Pendaki Gunung Wajib Banget Bawa 5 Alat Hiking Paling Penting Ini!

Alat-hiking-untuk-pemula

Akhir-akhir ini banyak sekali terjadi sebuah kecelakaan seorang pendaki gunung, dikarenakan tidak membawa peralatan hiking dengan lengkap. Entah karena mereka tidak tahu alat hiking apa saja yang harus dibawa, ataupun mereka tidak memiliki peralatan penting yang harus dibawa saat hiking. Untuk kalian yang belum tahu apa saja alat hiking yang sangat penting untuk menemani kalian mendaki gunung, yuk simak 5 Alat Hiking Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung Untuk Pemula ini.

Perlu kalian ketahui juga, selain alat hiking kalian juga perlu membawa perlengkapan lain. Perlengkapan yang harus kalian bawa antara lain :

  1. Backpack/Tas Carier
  2. Tenda (Tent)
  3. Kantung Tidur (Sleeping Bag)
  4. Matras (Ground Pad)
  5. Sepatu Hiking (Trail Shoes)
  6. Sarung Tangan, Kupluk dan Masker
  7. Jaket dan Jas Hujan
  8. Celana Hiking
  9. Rain Cover

Nah apa saja sih alat hiking yang juga sangat wajib kalian bawa saat mendaki gunung? Ini dia 5 peralatan yang harus kalian bawa!

 

Alat Penerangan (Latern)

Alat-penerangan-atau-latern
Alat-penerangan-atau-latern

Untuk mendaki gunung kalian membutuhkan beberapa hari untuk sampai ke puncak. Tidak menutup kemungkinan kalian akan bertemu dengan gelapnya malam. Maka dari itu kalian sangat membutuhkan alat hiking yang satu ini. Latern ini sangat membantu kalian terutama di malam hari.

 

GPS

GPS
GPS

Perjalanan menuju ke puncak gunung adalah perjalanan yang tidak akan bias kalian tebak. Tidak menutup kemungkinan kalian akan kehilangan arah jika kalian baru pertama kali mendaki gunung tersebut. Untuk memudahkan kalian mencari arah dan jalan yang benar menuju puncak, ada satu alat hiking yang sangat penting dan wajib dibawa yaitu GPS. Selain memudahkan kalian untuk mencari jalan, GPS juga sangat membantu kalian untuk menentukan arah kiblat bagi kalian yang akan melaksanakan ibadah pada saat pendakian.

 

Head Lamp

Head-lamp
Head-lamp

Mendaki gunung akan terasa lebih mudah jika dilakukan pada pagi atau siang hari. Namun seperti yang sudah kita bahas diatas, bahwa mendaki gunung memerlukan beberapa hari. Jadi kalian juga akan melewati jalanan yang sulit dan gelap pada malam hari. Untuk itu kalian harus membawa head lamp untuk memudahkan kalian berjalan. Head lamp juga tidak akan menambah barang bawaan kalian di jalan. Jadi kalian bisa fokus mencari jalan dan berpegangan pada ranting-ranting pohon jika perlu. Dengan head lamp kalian akan lebih mudah menemukan jalan.

 

Perlengkapan Masak (Cook Set)

Perlengkapan-masak
Perlengkapan-masak

Saat mendaki gunung kalian harus mengeluarkan seluruh tenaga dan kekuatan kalian untuk melewati setiap medan pendakian. Nah disitulah energy kalian akan terkuras. Maka kalian diwajibkan untuk membawa sedikit makanan untuk menambah energi dan kekuatan kalian saat dalam perjalanan. Selain itu, saat mendaki sebuah gunung kalian akan beberapa kali beristirahat untuk mengembalikan energi kalian lagi. Biasannya dibeberapa pendakian sudah disediakan tempat untuk membangun tenda dan memasak. Karena hiking bukanlah perlombaan memasak, maka peralatan yang kalian bawa juga tidak perlu selengkap dapur restoran. Kalian hanya perlu membawa kompor portable dan panci kecil untuk memasak air dan mie instan.

 

Alat Serba Guna (Multi Tools)

Kalian harus tahu bahwa perjalanan hiking adalah perjalanan paling seru dan penuh kejutan. Kita tidak akan pernah tahu kapan multi tools ini akan kita pakai, tapi kalian sangat wajib membawa alat hiking yang serba guna ini. Karena kadang kalian akan menemukan jalan yang tertutup ranting, kalian bisa menggunakan alat hiking ini untuk memotong ranting tersebut. Atau juga bisa digunakan untuk menyalakan api untuk api unggun jika memang terdapat alat yang bisa membuat api.

 

Nah bagi kalian para pendaki yang masih akan memulai pendakian ataupun yang sudah biasa mendaki gunung, sekarang kalian sudah tahu kan alat hiking apa saja yang harus kalian bawa? Semoga penjelasan diatas bisa membantu kalian untuk melakukan hiking yang lebih aman.

Ingat bahwa seberat apapun perjalanan yang kalian lewati, akan ada puncak yang selalu membayar semua rasa lelah itu.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares