25 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Menarik Untuk Di Kunjungi

25 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Menarik Untuk Di Kunjungi

Provinsi Sumatera Utara ini adalah tempat yang banyak di kunjungi para wisatawan, wisatawan mancanegara maupun wisataawan local . Dan banyak tempat wisata yang menarik untuk kamu kunjungi , Berikut 25 tempat wisata di Sumatera Utara semoga membuatmu mudah menentukan tempat liburan selama di provinsi ini.

 

  1. Istana Maimun

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Istana ini adalah salah satu ikon di kota Medan , Sumatera Utara . Istana maimun ini berdiri pada tahun 1946 dan peninggalan Kerajaan Deli. Dengan memiliki luas sekitar 2.700 meter lebih dan emiliki 30 ruangan, selain dapat berfoto-foto kamu dapat menemukan peninggalan perabotan pada jaman belanda , koleksi berbagai macam senjata, serta foto keluarga sultan. Untuk tiket masuknya kamu di kenakan biaya Rp 5.000 per orang, dan wisata ini selalu di kunjungi oleh parawisatawan yang sedang berkunjung di kota Muedan.

 

  1. Air Terjun Sipiso-Piso

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Air terjun ini berada di Desa Tongging Sumatera Utara dan di kelola oleh pemerintah setempat untuk jadi salah satu tempat wisata di provibsi Sumatera Utara. Arti nama piso sendiri memiliki arti pisau karena derasnya air terjun ini seperti pisau yang tajam, dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

 

  1. Masjid Raya Medan

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Masjid ini di bangun pada tahun 1906 dengan bangunan bergaya campuran Timur Tengah , Spanyol, dan India . Masjid Raya Medan ini berada di jl.Sisingamaraja  dan selalu di kunjungi wisatawan karena mereka kagum dengan keanggunan masjid ini.

 

  1. Danau Toba

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Danau Toba ini danau vulkanik yang terbesar di Asia Tenggara, dengan memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km . Daya tariknya adalah pulau di tengah danau , wisata ini di begitu terkenal di provinsi Sumatera Utara ,jika kamu ingin bermalam di sekitar danau juga terdapat penginapan sepanjang tepian.

 

  1. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Penangkaran buaya ini adalah salah satu taman reptile terbesar di Indonesia terdapat 2.400 ekor reptile dan di bangun pada tahun 1959. Disini terdapat buaya yang mulai dari bayi hingga dewasa umur 25 tahun , buaya-buaya di sini di letakkan di dalam kolam dan memiliki pagar pembatas . Untuk masuk wilayah ini kamu akan di kenakan biaya tiket masuk Rp 5.000 per orang .

 

  1. Danua Linting

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Danau Linting ini adalah danau vulkanik yang memiliki luas 1 hektar dan mengandung belerang menjadikan warna airnya menjadi kehijauan. Jika kamu ingin berenang kamu harus hati-hati karena danau ini memiliki kedalaman lebih dari 100 meter , untuk tiket masuknya kamu cukup membayar Rp 5.000 per orang.

 

  1. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Tempat wisata ini berada di Desa Dolok , Sumatera Utara dan masih dalam kawasan bukit kapur . Salju panas ini memiliki warna tanah yang unik yaitu berwarna putih dan menyerupai salju serta terdapat danau air panas di tengah-tengah nya maka dari itu di sebut salju panas . Tempatnya memang menarik untuk di kunjungi tapi kamu harus hati-hati dengan warga sekitar yang meminta uang.

 

  1. Aek Sijornih

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Aek Sijornih ini adalah wisata yang berupa air tejun dan memiliki arti nama dalam Bahasa batak air jernih , berada di Desa Aek Libung terdiri dari dua buah air terjun yang memiliki ukuran kecil melewati tebing yang terdapat kandungan kapurnya.

 

  1. Hillpark Sibolangit

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Wisata ini berlokasi di Desa Suka Makmur Sibolangit, Deli Serdang , disini memiliki berbagai macam permainan seperti yang ada di Dufan . Dengan memiliki luas 20 hektar dan berada di daerah pegunungan dengan ketinggian 550 meter di atas permukaan laut menjadikan udaranya terasa sejuk.

 

  1. Tangkahan

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Tangkahan ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser , Sumatera Utara . Dengan memiliki hutan tropis dan bentuk tanah yang berbukit menjadikan suasananya sejuk, untuk kamu pecinta alam ada bebrapa hal yang bisa kamu lakukan disini seperti berenag , trekking , menaiki gajah, masuk goa kelelawar , di air terjun.

  1. Taman Nasional Gunung Leuser

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Taman Nasional Gunung Leuser berada di dua provinsi , yaitu Sumatera Utara dan Aceh . Sebagai wisata alam Sumatera Utara yang menjadi daya tariknya adalah keanekaragaman fauna dan floranya .

 

  1. Danau Lau Kawar

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Danau Lau Kawar ini berada di kaki Gunung Sinabung Sumatera Utara dengan luas 200 hektar memang luasnya lebih kecil dari Danau Toba . Airnya berwarna biru serta sekelilingnya terdapat pepohonan hijau yang membuat pemandangannya semakin indah, di pinggir danau biasanya di jadikan tempat untuk berkemah serta kamu dapat melihat beberapa orang memancing di tengah danau dengan menggunakan perahu.

 

  1. Cagar Alam Sibolangit

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Cagar Alam Sibolangit ini memiliki luas sekitar 24 hektar berada di kabupaten Deli Serdang dengan ketinggian 500 meter diatas permukaan laut . Disini memberikan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk , selain itu menjadi tempat favorit untuk melakukan perkemahan.

 

  1. Gunung Sibayak

 

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Gunung Sibayak ini pernah Meletus pada tahun 1600, pendakian gunung ini sangat di minati oleh para pendaki karena keindahan alamnya dan tantangannya . Dari sini kamu dapat melihat pemandangan matahri terbit , serta melihat kota medan dari ketinggian.

 

  1. Rahmat Internasional Wildwife Museum dan Gallery

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Museum ini memperlihatkan berbagai macam binatang yang telah di awetkan dan menjadi museum yang memiliki koleksi lengkap se Asia. Berada di Jalan S. Parman buka jam 5 sore dengan tiket masuk Rp 25.000 , dan untuk safari malamnya dikenakan biaya Rp 10.000 , untuk memotret di kenakan biaya Rp 20.000  per orang .

 

  1. Kampung Keling

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Kampung ini di huni oleh sebagian besar orang keeling atau orang india , dengan adat istiadat yang kental beragama Hindu. Di sini masih ada bangunan peninggalan belanda jadi kamu dapat berwisata sejarah juga , dan bisa mengicipi makanan khas india serta pernak pernik india tanpa perlu kamu datang ke india.

 

  1. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit ini berada di dalam hutan , jaraknya dari kota Medan cukup jauh di tempuh dengan waktu sekitar 2 jam menggunakan kendaraan darat. Setelah sampai di hutan Sibolangit kamu harus berjalan kaki melewati hutan yang cukup lebat, dengan memakan waktu sekitar 3 jam tergantung dari kecepatan perjalanan kamu. Memang sangat melelahkan tapi  semua itu akan terbayar dengan keindahan air terjun yang memiliki dua warna ini , yang berwarna biru ini memiliki suhu dingin sedangankan yang putih memiliki suhu yang hangat .

 

  1. Bukit Lawang

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Bukit ini memiliki jarak sekitar 80 km dari kota Medan , dan lumayan dekat dengan kebun Nasional Gunung Lauser . Karena berada di daerah pegunungan dengan pepohan yang hijau membuat hawanya disini terasa sejuk dan segar. Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas yaitu trekking, melihat orang utan , tubing , dan jika kamu ingin menginap di sekitar sini juga terdapat penginapan.

 

  1. Rumah Tjong A Fie

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Rumah Tjong A Fie ini dahulunya miliki Tjong A Fie orang terkaya di Medan , setelah meninggal pada tahun 1926 karena pendarahan otak . Lalu ia meninggalkan rumah sebagai warisan dan kini di jadikan sejarah dan museum , untuk kekayaan nya ia bagikan sebelum meninggal kepada warga setempat yang membutuhkan.

 

  1. Menara Air Tirtanadi

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Menara air ini didirikan pada tahun 1908 pada pemerintahan Belanda , dahulunya menjadi tempat menbampung air yang sangat berguna bagi masyarakat Medan. Dari dulu hingga sekarang tetap menjadi ikon di kota Medan.

 

  1. Pulau Samosir

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Danau Toba ini juga memiliki sebuah pulau di tengah-tengah yang di beri nama pulau Samosir ,dengan memiliki ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut kamu bisa melalui jalur darat ataupun kapal ferry. Di pulau ini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah serta , wisata budaya , makanan khas Batak dan kamu bisa mencoba pemandian air panas .

 

  1. Bukit Gundaling

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Bukit ini merupakan salah satu tempat liburan di Sumatera Utara memiliki jarak 60 km dari kota Medan dengan memiliki ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Suasananya di sini mirip dengan puncak yang menjadi daya tarik disini adalah panorama gunung berapi dari ujung bukit Gundaling.

 

  1. Danau Siombak

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Danau ini memiliki luas sekitar 40 hektar berada kelurahan Paya Pasir , Medan Sumatera Utara . Disini kamu bisa memancing sambil melihat pemandangan di sekeliling danau, selain itu juga terdapat wahana permainan anak-anak biasanya para penduduk sekitar yang datang kesini akhir pekan masih jarang wisatawan luar yang kesini.

 

  1. Air Terjun Sigura-gura

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Air terjun ini berada di kabupaten Toba Samosir dengan memiliki ketinggian 250 meter karena tempat nya begitu dekat dengan danau Toba membuat wisatawan selalu menyempatkan datang kesini. Air terjun ini menjadi air terjun tertinggi di Indonesia dan selalu di datangi oleh para wisatawan local maupun wisatawan mancanegara.

 

  1. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake

tempat-wisata-Sumatera-Utara

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake ini terletak dalam satu garis pantai di Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan. Terkenal dengan ombak nya yang besar dan begitu sangat di sukai oleh para peselancar dari berbagai belahan dunia. Buat kamu  yang masih pemula tidak perlu khawatir karena di sini juga ada pelatih selancar yang handal , serta penginapan di sepanjang pinggir pantai.

 

 

 

 

loading...

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares