25 Tempat Wisata Di Bulukumba Yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

25 Tempat Wisata Di Bulukumba Yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

tempat-wisata-bulukumba

Bulukumba terletak di provinsi Sulawesi Selatan, tempat dimana dua kerajaan besar yaitu Gowa dan Bone. Di balik cerita bersejarah itu , daerah ini memiliki objek wisata yang beragam dan menarik hati . Penasaran dimana saja ?? berikut 25 daftar tempat wisata di Bulukumba yang wajib kamu kunjungi dan sayang untuk di lewatkan.

 

  1. Pantai Bira

tempat-wisata-bulukumba

Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan airnya yang jernih , tempat ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Banyak wisatawan local maupun mancanegara yang melakukan beberapa aktivitas disini seperti snorkling dan diving. Keindahan bawah lautnya sudah tidak di ragukan lagi , pantai ini berada di kecamatan Bontobahari.

 

  1. Bakung-bakung View Sunrise

tempat-wisata-bulukumba

Kamu dapat menikmati pemandangan matahari disini, berada pada desa Lembanna kecamatan Bontobahari. Saat siang hari nampak pemandangan hijaunya hutan dan birunya laut sungguh menawan . Ada beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan disini seperti jogging track , bersantai di gazebo dan bermain volli dll masih banyak lagi .

 

  1. Pantai Bara

tempat-wisata-bulukumba

Pantai ini memeiliki pemandangan yang eksotis , pantai ini belum begitu banyak di ketahui oleh banyak orang. Pasirnya putih lembut ,air nya jernih berwarna biru pemandangnya sungguh menawan . Kamu akan merasakan seperti berlibur di pantai pribadi .

 

  1. Bukit Donggia

tempat-wisata-bulukumba

Bukit ini memeiliki pemandangan dari ketinggian 1.400  mdpl  , disini kamu dapat berfoto dengan latar  belakang barisan bukit dan gunung di sekitarnya. Berada di dusun Lurayya kecamatan Kahayya, kamu dapat melakukan hal yaitu camping disini.

 

  1. Tebing Apparalang

tempat-wisata-bulukumba

Wisata ini berada di desa Ara ,kecamatan Bontobahari , disini kamu akan menemukan keindahan pasir putih. Serta jejeran tebing curam dengan deburan ombak membuat pemandangannya semakin eksotis . Wisatawan yang berkunjung kesini selalu melakukan snorkling dan cliff jumping.

 

  1. Puncak Pua Janggo

tempat-wisata-bulukumba

Puncak ini berada di dekat pantai Bira dan semakin terkenal di tahun 2016 , Namanya diambil dari ulama penyebar agama islam bernama Pua Jnaggo. Di sini menyuguhkan pemandangan hijau nya hutan dan birunya lautdari ketinggian.

 

  1. Pantai Ujung Tiro

tempat-wisata-bulukumba

Pantai ini hampir sama dengan Tanah Lot di Bali , berada di desa Eka Tiro ini memberikan wisata bahari dengan air yang jernih . Dengan tebing bebatuan di sekitarnya , ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan disini seperti memancing snorkling atau hanya sekedar berfoto-foto.

 

  1. Tabing Panaikang Birayya

tempat-wisata-bulukumba

Disini kamu dapat melakukan Cliff Jumping , berada di desa Darubiah jika kamu ingin brereang tempat ini sangat cocok untuk kamu yang masih pemula . Karena hanya memiliki kedalaman 1,5 meter , keindahan bawah lautnya bisa kamu lihat dengan dekat . Seperti aktivitas snorkling karena arusnya juga tidak begitu deras.

 

  1. Pulau Kambing

tempat-wisata-bulukumba

Pulau ini memiliki keindahan alam bawah lautnya yang indah , banyak ikan krecil yang bermain di antara terumbu karang. Meski nama nya pulau kambing bukan berarti disini banyak kambing yang berkeliaran , kamu dapat menaiki perahu dari pantai Bira kesini.

 

  1. Pemandian Hila-Hila

tempat-wisata-bulukumba

Wisata pemandian ini berada di kecamatan Bonto Tiro , dekat dengan masjid peninggalan Dato Tiro . Airnya berasal dari sumur yang tercipta dari tongkat penyiar agama Islam di Sulawesi Selatan . Pengunjung sering membawa air karena di percaya dapat meneymbuhkan berbagai macam penyakit, ada sebagian yang hanya ingin mencoba kesegaran airnya saja.

 

  1. Pulau Liukang Loe

tempat-wisata-bulukumba

Pulau Liukang Loe adalah pulau kecil yang dapat kamu kunjungi dari pantai Bira dengan menggunakan perahu. Warganya pun disini cukup ramah pemandangannya juga menawan dengan hamparan laut biru dan terumbu karang di bawahnya menjadikannya terlihat eksotis .

 

  1. Pantai Samboang

tempat-wisata-bulukumba

Pantai ini berada di desa Eka Tiro , pasirnya yang berwarna putih dan lembut kamu dapat bermain pasir , berjemur ataupun bersantai sambil merasakan angina yang sepoi-sepoi. Disini yang menjadi daya tarik adalah adanya pulau kecil yang dapat kamu kunjungi dengan jembatan saja yang panjangnya sekitar 20 meter .

 

  1. Tana Beru

tempat-wisata-bulukumba

Jika kamu ingin melihat proses pembuatan kapal pinisi kamu bisa datang ke Tana Beru yang berada di kelurahan Tana Beru . Kapal yang di buat disini harganya miliar, selain itu cukup m,egah dan keren jika kamu jadikan spot foto.

 

  1. Pantai Mandala Ria

tempat-wisata-bulukumba

Pantai ini berada di desa Lembanna , kecamatan Bontobahari , nama pantai ini di ambil dari Panglima Mandala. Memesan 24 kapal untuk pembebasan Irian Barat , pasirnya putih dan airnya berwarna biru  jernih serta ada gua yang dapat kamu jelajahi .

 

  1. Gua Passea

tempat-wisata-bulukumba

Gua ini berada di desa Lembanna yang memiliki arti yaitu penderitaan , gua Passea ini memiliki tipe horizontal dengan stalagtit dan staglagmit yang indah dan mempesona . Di dalam nya terdapat beberapa peninggalan berumur ratusan tahun yang di huni oleh manusia sejak abad ke 8 sebelum masehi.

 

  1. Pantai Lemo-lemo

tempat-wisata-bulukumba

Pantai ini berada di kelurahan Tanah Lemo , kecamatan Bonto Bahari . Terdapat pepohonan yang rindang berada di tepian pantai sehingga memberikan rasa sejuk saat matahari begitu terik. Pasirnya pun putih bersih dan lembut , ada juga yang memiliki air tawar yang jernih unik bukan ??.

 

  1. Pantai Kasuso

tempat-wisata-bulukumba

Pantai ini berada di Dusun Kasuso, kecamatan Bontobahari , kamu akan melihat pemandangan pasir putih dan tebing-tebing. Kamu dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam dengan suasana yang tenang karena pengunjung yang datang kesini tidak begitu banyak.

 

  1. Pinisi Park

tempat-wisata-bulukumba

Pinisi Park ini adalah salah satu tempat wisata yang baru dan menjadi ikon Bulukumba , dan selalu menjadi tujuan wisata karena memiliki pemandangan yang indah dan menawan .

 

  1. Pantai Marumasa

tempat-wisata-bulukumba

Pantai Marusa ini berada di desa Darubiah , kecamatan Bontobahari . Memiliki garis pantai yang berwarna putih dan gadasi warna biru laut dapat kamu jadikan spot foto yang menarik di tambah lagi terdapat dua buah tebing tinggi yang berada di sekitarnya.

 

  1. Perkebunan Karet Lonsu

tempat-wisata-bulukumba

Perkebunan karet ini ada sejak tahun 1918 , berada di desa Bontomanai , Bontamaringin dan Tammatto . Tempat ini pun juga di jadikan agrowisata , kamu juga dapat melihat hasil panen nya secara langsung.

 

  1. Pantai Pusahelu

tempat-wisata-bulukumba

Pantai ini berada di Desa Draubiah lebih tepatnya berada di belakang pantai Bara. Hamparan pasirnya yang luas dan di kelilingi tebing membuat pemandangan nya begitu menarik , selain itu pemandangan bawah lautnya juga tidak kalah menariknya .

 

  1. Gua Pasohara

tempat-wisata-bulukumba

Gua ini bearada  di kawasan sekitar Pantai Mandala lebih tepatnya berada di desa Lembanna. Medan perjalanannya cukup terjal dan bebatuannya cukup licin memiliki kedalaman 30 meter. Di ujung nya terdapat sumber air yang telah berada ratusan tahun dan sering di gunakan oleh warga sekitar.

 

  1. Taman Cekkeng

tempat-wisata-bulukumba

Taman ini berada di Kelurahan Ela-Ela dan sering di gunakan untuk menghabiskan waktu akhir pekan , ada beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan disini seperti. Olahraga , bermain, ataupun piknik.

 

  1. Pantai Kaluku

tempat-wisata-bulukumba

Pantai ini berada di Bontobahari , memiliki pasir yang putih dan air nya yang jernih selain itu kamu dapat menikmati sunrise saat di pagi hari .

 

  1. Kawasan Adat Ammatoa

tempat-wisata-bulukumba

Kawasan ini penduduknya begitu melekat dengan warna hitam karena bagi mereka warna tersebut adalah filosofi hidup . Tanah dan bebatuannya masih sangat rimbun , serta masih belum ada listrik disini.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares