12 Tempat Wisata Di Banten dan sekitarnya Yang Wajib Dikunjungi

12 Tempat Wisata Di Banten dan sekitarnya Yang Wajib Dikunjungi

Provinsi Banten terletak di ujung barat pulau Jawa , letaknya begitu berdekatan dengan ibukota Jakarta. Tempatnya yang tidak begitu jauh menjadikan provinsi Banten sebagai salah satu tempat tujuan para warga Jakarta untuk melepas penat dari kegiatan sehari-hari . Banten memiliki banyak tempat wisata yang layak kamu kunjungi, kali ini kami telah merangkum 12 tempat wisata di Banten dan sekitarnya yang wajib kamu kunjungi dan sayang untu kamu lewatkan.

 

  1. Pantai Anyer

tempat-wisata-banten

Pantai ini berada di sepanjang kecamatan Anyer , terkenal dengan pasir putihnya yang indah menjadi tempat tujuan warga Jakarta untuk berlibur karena lokasinya yang dekat dan terjangkau.Beragam kegiatan dan olahraga air dapat dilakukan di pantai ini. Dari sekedar bermain pasir sambil menikmati pemandangan, berenang menikmati dinginnya air laut sampai kegiatan seperti menyelam dan berselancar.

 

  1. Pantai Ujung Lesung

tempat-wisata-banten

Pantai ini berjarak sekitar  180 Km dari Jakarta ini merupakan pantai yang asri, terawatt dan membawa kesan eksklusif bagi pengunjungnya. Beberapa wisatawan bahkan menyebutnya sebagi pantai dengan pantai terbaik di Jawa Barat. Hal ini tidaklah mengherankan karena pantai di Tanjung Lesung sangat bersih dan putih sehingga enak dipandang mata. Di pantai ini terdapat berbagai villa untuk tempat menginap.

 

  1. Taman Nasional Ujung Kulon

tempat-wisata-banten

Taman yang sudah lama terkenal sebagai tempat perlindungan Badak Bercula Satu yang dilindungi ini terletak di ujung Pulau Jawa. Wilayah Taman Nasional Ujung Kulon mencangkup beberapa pulau disekitar ujung barat Pulau Jawa. Trekking, berkemah dan menikmati kehidupan yang terdapat di alam liar merupakan kegiatan yang dapat dilakukan bila berkunjung ke taman nasional ini.

 

  1. Kampung Baduy

tempat-wisata-banten

Kampung ini adalah tempat tinggal suku asli Banten , suku ini masih memegang adat istiadat untuk di jadikan panduan hidup mereka. Kampung ini di huni sekitar 8000 jiwa dan di bagi menjadi dua yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Suku Baduy Dalam adalah suku Baduy yang menolak dunia diluar kampung dan penghuninya jarang sekali keluar dari wilayah kampung. Sedangkan Baduy Luar adalah suku Baduy yang menerima dan terbuka pada dunia luar kampung. Penghuninya terkadang meninggalkan kampung dan berinteraksi dengan orang-orang diluar wilayah mereka.

 

  1. Gunung Krakatau

tempat-wisata-banten

Gunung ini adalah Salah satu gunung api yang pernah mempengaruhi cuaca dan iklim dunia akibat letusannya adalah Gunung Krakatau. Gunung yang meletus pada 1883 itu menjadi salah satu situs wisata yang kerap didatangi wisatawan untuk trekking. Selain trekking wisatawan dapat pula memancing dan snorkeling di perairan selat Sunda dimana gunung ini teletak.

 

  1. Pulau Umang

tempat-wisata-banten

Pulau ini sangat dekat letaknya dengan Tanjung Lesung. Pantai seluas 5 hektar ini dikelola oleh pihak swasta dan memiliki fasilitas yang lengkap sebagai tempat liburan. Pulau yang memiliki pasir putih ini menawarkan ketenangan dan keindahan alam dan bahari daerah sekitar pulau tersebut, cocok bagi Anda yang ingin bersantai dan menjauh dari kesibukan kota.

 

  1. Pantai Sawarna

tempat-wisata-banten

Pantai ini mulai banyak dikunjungi sejak tahun 2000 ini terletak di Desa Sawarna, 150 Km dari Rangkasbitung. Pantai ini memiliki ombak yang tergolong besar, karena itu banyak peselancar yang datang untuk menjajal ombaknya. Pantai Sawarna tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan domestik namun juga dikalangan turis luar negeri penyuka olahraga air.

 

  1. Pulau Dua ( Pulau Burung )

tempat-wisata-banten

Pulau Dua atau biasa disebut dengan nama Pulau burung merupakan cagar alam seluas 30 hektar di lepas pantai Banten. Pulau ini mendapat julukan Pulau Burung karena di tempat ini dihuni oleh berbagai jenis burung dalam jumlah yang besar. Tempat ini menjadi tempat migrasi berbagai jenis burung dari berbagai benua dari bulan April sampai Agustus. Setelah musim migrasi berakhir, burung-burung tersebut akn kembali ke tempat asalnya.

 

  1. Rawa Dano

tempat-wisata-banten

Rawa ini memiliki luas sekitar 2.500 hektar dan terletak 100 Km dari ibukota ini menawarkan keindahan alam sekitar yang terdiri dari danau, rawa-rawa dan hutan. Rawa Dano merupakan tempat tinggal berbagai jenis reptile seperti ular dan kadal. Konon rawa ini berasal dari gunung api yang sudah tidak aktif lagi lalu berubah menjadi sebuah danau dengan rawa.

 

  1. Danau Tasikardi

tempat-wisata-banten

Danau Tasikardi berada sekitar 6KM sebelah barat kota Serang , memiliki luas sekitar 5 hektar ini merupakan danau buatan,salah satu peninggalan Sultan Banten. Danau yang dulunya merupakan tempat rekreasi bagi keluarga Sultan ini kini menjadi salah satu tempat wisata dimana pengunjung dapat memancing, berkemah dan piknik bersama keluarga.

 

  1. Pantai Carita

tempat-wisata-banten

Pantai Carita merupakan salah satu tempat wisata di Banten yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Terletak di pesisir barat Provinsi Banten, tepatnya di Kabupaten Pandeglang. Ombaknya yang kecil menyapu pasir putih sepanjang pantai memberikan suasana santai yang dibutuhkan bagi para pengunjung yang ingin melepas penat.

 

  1. Pantai Karang Bolong

tempat-wisata-banten

Pantai Karang Bolong berdekatan letaknya dengan Pantai Anyer, sekitar 40KM dari Kota Serang Banten. Pantai Karang Bolong adalah pantai di dalam sebuah karang yang bolong akibat hempasan ombak, dari situlah nama Karang Bolong berasal. Di pantai ini dilarang berenang karena banyaknya karang di dalam air sekitar pantai.

 

 

 

 

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares