10 Tempat Wisata Di Tegal Yang Asik “Wajib Banget Nih Di Kunjungi !!”

10 Tempat Wisata Di Tegal Yang Asik “Wajib Banget Nih Di Kunjungi !!”

Tegal memiliki tiga kawasan yang biasanya di jelajahi oleh wisatawan, yaitu pantai ,perkotaannya yang lebih terkenal kulinernya , dan kawasan dataran tinggi yang memiliki suasana sejuk . Bagi kamu yang belum tau ada wisata apa saja di daerah Tegal , yuk simak berikut 10 tempat wisata di Tegal yang wajib di kunjungi dan sayang untuk di lewatkan.

 

  1. Bukit Goa Lawa

Bukit ini berada di kawasan perbukitan di kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal . Yang menjadi daya tarik disini yaitu adanya tumpukan batu yang menjulang tinggi seperti layaknya menara, disini lah para wisatawan biasanya selfie atau mengambil foto pemandangan dari atas ketinggian . Di beri nama Bukit Goa Lawa karena ada banyak celah bebatuan yang jika saat sore hari banyak kelelawar yang keluar untuk mencari makan. Akses untuk datang kesini cukup mudah , tapi hanya saja saat mendaki bukit untuk sampai di atas harus cukup hati-hati.

 

  1. Curug Pitu Margasari

tempat-wisata-Tegal

Air terjun ini banyak di kunjungi oleh para wisatawan , tapi rute untuk sampai kesini cukup sulit membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari parkiran. Sebelum melakukan perjalanan kamu harus melapor ke polsek Mergasari dahulu, kamu harus melalui sungai besar dengan arus yang deras , hutan yang masih jarang di jamah oleh manusia terlebih jika musim hujan membuat jalanan semakin sulit di lalui.  Tapi semua akan terbayarkan dengan keindahannya serta kamu bisa nagdem di sini untuk menennagkan pikiran.

 

  1. Taman Wisata Air Panas Guci

Wisata ini berada di Desa Guci , kecamatan Bumijaya, Tegal dan selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan apalagi saat akhir pekan. Biasanya para pengunjung yang datang kesini ingin mandi untuk terapi penyakit tulang maupun kulit . Air ini mengalir dari kaki Gunung Slamet lalu oleh warga setempat dibuatkan pancuran dan kolam , dengan membayar sebesar Rp 5000 di tambah biaya parkir kamu dapat menikmati wisata ini .

 

  1. Pantai Alam Indah Tegal

tempat-wisata-Tegal

Pantai ini berada di jalan Bali Martoloyo , kota Tegal saat libur akhir pekan tempat wisata ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan . Buka mulai pukul 06.00 sampai 18.00 kamu bisa berenang di pantai ini tapi harus tetap mengikuti aturan agar tidak tergulung ombak. Jika sore hari kamu dapat menikmati matahari tenggelam dari pantai ini.

 

  1. Waduk Cacaban

tempat-wisata-Tegal

Waduk ini adalah peninggalan Belanda pada ratusan tahun yang lalu , dulu di jadikan sebagai sumber perairan dan sumber air minum sebelum berubah fungsi menjadi tempat wisata setelah kemerdekaan Indonesia. Dari sini kamu dapat menikmati pemandangan yang hijau serta Gunung Semar yang masih alami , disini ada penduduk yang menyewakan perahu untuk di gunakan keliling waduk hingga puas tapi hanya mampu menampung 4-8 orang saja.

  1. Kebun Teh Tegal

tempat-wisata-Tegal

Kebun Teh ini berada di Bumijaya , Tegal dengan perjalanan sekitar 15 menit dari Bulakan . Saat akhir pekan selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan , mereka datang ke tempat ini hanya untuk menikmati pemandangan perbukitan yang hijau . Selain itu udaranya pun sejuk dan segar disini kamu dapat melihat proses pembuatan teh dari di potong kecil-kecil hingga menjadi kering , kamu bisa membeli the dari sini sebagai oleh-oleh.

 

  1. Curug Cantel

tempat-wisata-Tegal

Air Terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter , kamu dapat menikmati kemegahan air terjun serta bermain aliran sungai .  Jalan untuk menuju wisata ini cukup sulit , harus melalui medan yang terjal serta menantang. Sebaiknya kamu datang kesini saat pagi hari dan saat mulai gelap segeralah meninggalkan tempat ini di karenakan jalanannya cukup berbahaya saat malam hari.

 

  1. Konsorsium Rumah Wayang

tempat-wisata-Tegal

Rumah ini adalah milik Ki Kenthus beliau adalah kolektor yang mempunyai berbagai jenis wayang dari daerah Indonesia.  Wayang-wayang ini di pajang dan di pamerkan kepada masyarakat umum agar mereka mengenal wayang yang tidak dari jenis kulit saja. Disini kamu dapat melihat pembuatan wayang hingga pewarnaannya , buka 2 kali dalam sehari yaitu pukul 08.00-10.00 dan 15.00-17.00 dan di bawah wayang disini memiliki keterangan.

 

  1. Wisata Kesehatan Jamu

tempat-wisata-Tegal

Tempat wisata ini cukup unik dan di buka pada tahun 2012 sebagai salah satu cara memperkenalkan jam uke seluruh Indonesia. Jamu adalah satu warisan budaya Indonesia yang mulai di tinggalkan oleh masyarakat saat ini. Pengelola wisata ini memilki tujuan agar masyarakat sekarang sadar bahwa jamu adalah minuman alami  di bandingkan dengan obat-obatan kimia ,disini kamu bisa melihat proses pembuatan jamu .

 

  1. Situs Manusia Purba Semedo

tempat-wisata-Tegal

Situs amnesia purba ini berada di kawasan semedo , situs ini memilki bangunan yang kecil dan emnyimpan tulang-tulang yang baru di temukan pada tahun 2005 . Di sini terdapat tulang manusia purba , gajah purba, badak , kuda nil, sapi, banteng dan kerbau, dan buka setiap hari . Lokasi ditemukannya cukup terpencil dengan kondisi alam yang masih alami membuatnya belum ada kerusakan di fosil tersebut.

 

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares