10 Tempat Wisata Di Solo Terbaru 2018 Yang Dekat Stasiun Balapan

10 Tempat Wisata Di Solo Terbaru 2018 Yang Dekat Stasiun Balapan

Stasiun-Solo-Balapan

Solo di kenal menjadi salah satu kota tua yang ada di Pulau Jawa, Solo juga terkenal dengan sebutan kota Surakarta yang banyak menyimpan wisata bersejarah dan budaya. Wisata di Solo memiliki wisata alamnya yang cukup menarik dan memikat para wisatawan , apalagi lokasinya yang berdekatan dengan Yogyakarta menjadikan banyak nya perusahaan travel mebuat paket wisata jogja-solo. Pesatnya pertumbuhan industry wisata di Solo  dan sekitarnya membuat pemda Jateng pun kian mengembangkan dengan mebuka lokasi wisata baru. Pada tahun 2018 kini pun kota Solo di banjiri wisatawan dari berbagai macam kota , provinsi hingga wisatawan mancanegara.

    1.Grojokan Sewu Tawangmangu

wisata-solo
Grojokan Sewu Tawangmangu

Wisata ini berada di Desa Sepanjang , Kecamatan Tawangmangu , Karanganyar , Jawa Tengah. Dengan harga tiket yang terjangkau sebesar Rp 11.500 per orang untuk hari biasa dan Rp 13.000 untuk hari libur dan akhir pekan dan buka mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Air terjun ini memiliki ketinggian 81 meter, wisata air terjun ini memberikan keindahan alam yang menawan dengan tikah aneh para kera liar yang berada di anak tangga menuju lokasi air terjun. Ada juga wahana permainan yang beragam seperti mini waterboom, flying fox, outbound dan mini rafting.

Di sekitar air terjun juga ada jembatan yang dinamakan jembatan cinta , dan menurut cerita masyarakat sekitar bagi pasangan yang lewat jembatan tersebut tidak boleh berhenti harus berjalan hingga seberang konon jika berhenti di tengah jalan nanti hubungan nya bisa berakhir . Untuk akses perjalanan ke lokasi ini cukup mudah tapi tetap saja butuh tenaga untuk mencapai nya , disini juga banyak di temui ruko pedagang sehingga kamu tidak kesulitan mendapatkan makanan, minuman, dan camilan.

   2.Ngarsopuro Night Market Solo

wisata-solo
Ngarsopuro Night Market Solo

Ngarsopuro Night Market ini berlokasi di jl. Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta. Pasar ini beroperasi seminggu sekali hanya malam hari , buka setiap hari sabtu mulai pukul 16.00-23.00 WIB. Pasar ini menjadi surga bagi wisatawan yang gemar wisata kuliner dan belanja, apalagi kamu yang suka menikmati makanan tradisional Jawa Tengah dan produk khas Surakarta.  Pasar malam ini ditata semenarik mungkin , kamu dapat menemui para pedagang yang menjajakan berbgai jenis makanan contoh nya nasi liwet , nasi kere, cambuk rambak , bakso bakar, wedang ronde dan lain-lain. Untuk produk kerajinan masyarakat yang di jual disini adalah batik, patung wayang , hiasan dinding dan berbagai jenis kerajinan yang lainnya.

    3.Museum Purbakala Saringan

wisata-solo
Museum Purbakala Saringan

Museum ini berada di Kalijambe , Sragen , Krikilan, Kalijambe , Karanganyar, Jawa Tengah. Cukup membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 untuk wisatawan domestic dan Rp 7.500 untuk wisatawan mancanegara kamu dapat berbagai macam fosil pada zaman purba , buka mulai pukul 08.00-16.30 WIB . Berada di Kawasan “Kubah Saringan” yaitu Kawasan yang telah di tetapkan UNESCO sebagai World Heritage Site karena di sekitar lokasi ini banyak di temukan fosil-fosil pada jaman purba . Seperti fosil manusia purba dan juga peralatan yang pernah mereka gunakan, fosil binatang dan tumbuhan yang semua nya hidup di jaman purba.

    4.Pura Mangkunegaraan

wisata-solo
Pura Mangkunegaraan

Wisata ini berada di jl. Ronggowarsito Keprabon , Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah . Untuk tiket masuknya kamu cukup membayar Rp 5.000 buka dari hari senin-sabtu pukul 09.00-14.00 WIB , Minggu pukul 09.00-13.00 WIB. Bangunan ini berdiri sejak tahun 1757 yang di arsiteki KGPAA Mangkunegara II yang memadukan gaya tradisional Jawa dengan Eropa yang membuat bangunan ini terlihat menawan . Terdiri dari 2 bangunan utama yaitu Pendopo dan Ndalem yang diapit tempat tinggal keluarga raja , disini para wisatawan dapat melihat berbagai jenis koleksi peninggalan bersejarah seperti benda seni , seperti koleksi topeng seluruh Indonesia dan topeng dari negeri China kitab kuno dari masa Mataram dan Majapahit , berbagai perhiasan emas dan koleksi foto Mangkunegoro.

    5.Kampung Batik Laweyan

wisata-solo
Kampung Batik Laweyan

Kampung yang berada di jl. Dr Radjiman No. 521 , Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah . Dengan memiliki luas 24 hektar di bagi menjadi 3 blog , kampung ini menjadi wisata beredukasi dan bersejarah karena mayoritas kampung ini dihuni oleh juragan batik yang sudah tua. Mereka sudah menekuni membuat batik dari zaman kerajaan pada tahun 1546 M , kerana berdiri sudah lama bangunan disini pun beragam mulai dari gaya tradisional jawa ,China , dan Eropa. Para wisatawan bisa melihat langsung pembuatan batik dari tangan yang terampil dengan di iringi lantunan music keroncong , rebana , dan karawitan yang di mainkan oleh grup kesenian warga setempat . Jangan sampai kamu melewatkannya disini kamu dapat memborong kain batik karena harga batik di kampung batik laweyan jauh murah dengan tempat-tempat lainnya.

 

    6. Benteng Vastenburg

wisata-solo

Benteng ini adalah bangunan peninggalan pada jaman Belanda dan di dirikan pada tahun 1745, dahulunya di gunakan sebagai pengawasan Belanda terhadap keraton Surakarta. Lalu kemudian benteng ini di perbaiki dan akhirnya sekarang menjadi tempat wisata bagi masyarakat, wisata ini berada di kedung lumbu, pasar kliwon, kota Surakarta , Jawa Tengah . Buka 24 jam dan untuk tiket masuknya gratis loh!!.

 

    7. Monumen Pers Nasional

wisata-solo

Monumen Pers Nasional ini berada di jl. Gajah Mada , Timuran, Banjarsari, kota Surakarta, Jawa Tengah. Dan di dirikan pada tahun 1978 di dalamnya terdapat koleksi berupa koran , majalah dan benda bersejarah lainnya. Terdapat juga fasilitas seperti ruang multimedia, perpustakaan, dan koran yang dapat di baca secara gratis. Buka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

 

    8. Taman Patung Kuda Manahan

wisata-solo

Taman patung kuda ini berada di jl MT. Haryono , Manahan , Banjarsari , kota Surakarta. Taman ini di bangun guna untuk menata kota menjadi lebih menarik  , dan menjadi spot berfoto saat berkunjung ke Surakarta.

 

    9.Taman Balekambang

wisata-solo

Taman ini berada di jalan Balekambang no. 01 Banjarsari, Manahan, Kota Surakarta, buka mulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Taman Balekambang ini terbagi menjadi dua yaitu Partinah Bosch yang di dalamnya sebuah hutan kota dan Partini Tuin berisi kolam air, awalnya tempat ini tidak di buka untuk umum tapi semenjak era KGPAA Mangkunegara VII di buka untuk umum dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 12.000 per orang.

 

    10. Bonbin Jurug

wisata-solo

Bonbin ini berada di jl. Ir Sutami no.40 Jebres kota Surakarta, Jawa Tengah , buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Bonbin ini adalah kebun binatang yang murah meriah , fasilitas disini terdapat kereta mini, kolam renang, wahana air, pertunjukan musik dll. Ada juga orang jualan cinderamata dan makanan, minuman.

Jangan lupa di share ya artikel ini bila bermanfaat 🙂

loading...

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares