10 Tempat Wisata Di Samarinda Yang Wajib Dikunjungi Dan Terkenal

Samarinda adalah ibu kota Kalimantan Timur dan menjadi kota dengan penduduk terpadat di Kalimantan. Dan yang terkenal disini adalah kain tenunnya yang memiliki motif kotak-kotak dan berwarna-warni , selain itu banyak tempat wisata yang tidak banyak di kenal . Tapi sebenarnya layak untuk di kunjungi , berikut rekomendasi 10 tempat wisata di Samarinda yang wajib kamu kunjungi dan sayang sekali untuk di lewatkan.

 

  1. Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun ini berada di Dusun Purwosari kecamatan Samarinda Utara, jaraknya sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda . Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan cukup unik karena air yang mengalir ini memiliki warna jernih dan bersih , tapi saat di bawahnya airnya berubah menjadi warna yang keruh. Hal tersebut terjadi karena tanah disini mengandung gambut, meskipun begitu tempat wisata ini ramai di kunjungi oleh pengunjung.

 

  1. Desa Budaya Pampang

Wisata budaya ini sangat di minati karena di sini kamu dapat belajar tentang budaya lain. Desa ini di huni oleh suku Dayak Kenyah pada akhir pekan tempat ini selalu banyak di kunjungi oleh wisatawaan local maupun wisatawan mancanegara. Setiap hari minggu pukul 13.00 sampai 15.00 diadakan pertunjukan seni di lamina tau gedung pertemuan desa , disini juga terdapat toko souvenir yang menjual hasil kerajinan warga setempat.

 

  1. Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya Unmul ini berjarak 10 km dari kota Samarinda dan merupakan hutan Pendidikan Universitas Mulawaman. Pengunjung akan di kenakan tiket masuk seharga Rp 5.000 perorang, disini terdapat danau besara yang di kelilingi penyewaan sepeda air. Selain itu juga terdapat krebun binatang mini dan museum kayu yang berisi jenis kayu di Kalimantan. Buka setiap hari kecuali hari jumat mulai pukul 09.00 sampai 16.00 .

 

  1. Telaga Permai Batu Besaung

Wisata ini dapat kamu gunakan untuk berkemah , tapi kamu meskipun tidak berkemah disini kamu dapat menikmati keindahan Telaga Permai Batu Besaung . Karena ketinggian tanah bervariasi sehingga membuat sungai disini seperti air terjun pendek , jarak nya dari pusat kota Samarinda sekitar 15 km.

 

  1. Pulau Kumala

Pulau ini berada di tengah sungai Mahakam , pulau ini terbentuk dari endapan lumpur sungai jika di lihat memanjang bentuknya seperti perahu terbalik. Disini juga terdapat wahana permainan seperti sky tower dengan tinggi 75 meter, kereta mini, kereta gantung, dan komedi putar. Tempat wisata ini berada di sebelah barat kota Tenggarong, kabupaten kutai atau sekitar 27 km dari kota Samarinda.

 

  1. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Tempat wisata ini berada di jalur Samarinda-Bontang KM 15 , disini terdapat camping ground, flying fox, replika hutan, kolam rennag, arena bermain anak, gazebo, kolam pancing, dan kafetaria. Selain di jadikan tempat rekreasi keluarga juga terkadang di jadikan lokasi outbound untuk anak sekolah dan karyawan perusahaan. Untuk tiket masuknya di kenakan Rp 5.000 per orang, dan untuk tiket outbound di kenakan Rp 180.000 per orang.

 

  1. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid ini berada di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda dan di bangun pada tahun 2001 dan di remikanpada tahun 2008. Masjid Islamic Center ini menjadi salah satu wisata religi yang sering di kunjungi  di kota ini.Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Hagia Sophia di Turki dengan memiliki satu menara setinggi 99 meter yang di sesuaikan dengan asamul husna dan enam menara yang melambangkan rukun iman, serta tangga yang jumlah nya 33 sama dengan butiran tasbih.

 

  1. Kampung Tenun Samarinda

Kain tenun disini memiliki motif kotak-kotak yang cantik, kain tenun ini dapat kamu jadikan oleh-oleh untuk di bawa pulang. Kampung ini berada di kecamatan Samrinda Seberang ,selain membeli kain kamu juga dapat melihat proses pembuatannya . Proses pembuatannya pun masih sangat sederhana yang di sebut dengan “Gedokan”. Untuk sehelai kain tenun di butuhkan waktu sekitar 3 sampai 7 harisesuai dengan tingkat kesulitan motif yang di inginkan.

 

  1. Air Terjun Pinang Seribu

Air terjun ini berada di kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara dan memiliki bentuk yang unik yaitu undakan yang seperti anak tangga dan bisa di naiki . Jadi cukup aman untuk di buat beramin anak-anak selain itu juga bisa bermain air dengan menyewa sepeda air seharga Rp 15.000 untuk berkeliling di danau buatan dan Rp 10.000 untuk memancing di kolam sepuasnya dan untuk tiket masuknya kamu akan di kenakan Rp 5.000 per orang.

 

  1. Pulau Beras Basah

Pulau ini berada di Kalimantan Timur lebih tepatnya di Selat Makassar di butuhkan waktu sekitar 3 jam dari Samarinda . Pemandangan disini yaitu pasir putih dan air jernih kebiruan yang akan membuat kamu melupakan perjalanan panjang saat kesini. Terdapat mercusuar tinggi yang sudah tidak di pakai lagi , serta alam bawah lautnya yang sayang sekali untuk di lewatkan .

c.agatha :null

This website uses cookies.