10 Tempat Wisata Di Pontianak Yang Wajib Kamu Kunjungi Bersama Keluarga

10 Tempat Wisata Di Pontianak Yang Wajib Kamu Kunjungi Bersama Keluarga

tempat-wisata-pontianak

Kota Pontianak ini berada di garis khatulistiwa dan menjadi salah satu wilayah di dunia yang di lalui oleh garis imajinasi yang membelah bumi menjadi dua bagian utara dan selatan . Disini juga didirikan tugu yang di pekirakan tepat berada di garis khatulistiwa, serta di lalui oleh dua sungai yaitu sungai Kapuas dan sungai Landak. Kota ini memiliki banyak tempat wisata , berikut rekomendasi 10tempat wisata di Pontianak yang di jadikan pilihan kamu untuk liburan dan sayang sekali untuk di lewatkan .

 

 

  1. Keraton Kadriah

 

tempat-wisata-pontianak

Keraton ini di bangun pada tahun 1771 oleh Sultan Abdurrahman Alqadrie beliau adalah sultan pertama di Pontianak . Wisata ini berada di jalan Tritura Pontianak dan didominasi oleh warna kuning yang terbuat dari kayu berlian yang terkenal mahal disebut kayu besi karena kekuatannya. Pada halamannya terdapat Meriam kuno peninggalan jaman Jepang dan Portugis, sedangkan jika kamu masuk ke dalam terdapat singgasana sultan dan permaisuri lengkap beserta foto-foto , pakaian sultan dan koleksi lainnya milik sultan. Yang unik ini disini koleksi sebuah Al Quran yang ditulis tangan sendiri oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie.

 

  1. Makam Kesultanan Batulayang

 

tempat-wisata-pontianak

Makam ini adalah kompleks pemakaman tujuh tentunya yang pertama adalah Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Pintu masuk untuk peziarah di buat rendah sehingga para pungunjung harus menunduk saat masuk . Di luar kompleks ada sebuah gundukan batu yang di beri warna hijau , batu ini di sebut batulayang . Berada sekitar 2 km dari Tugu Khatulistiwa, untuk masuk kesini pun gratis tanpa di pungut biaya.

 

  1. Masjid Jami Pontianak

 

tempat-wisata-pontianak

Masjid ini menjadi saksi asala mula kota Pontianak, memiliki atap bertingkat empat dan di dalamnya terdapat empat pilar dari kayu berlian dengan diameter 0,5 meter. Dan dapat menampung sekitar 1.500 jamaah dengan konsep rumah panggung untuk menghindari banjir jika sungai Kapuas meluap. Berada sekitar 200 meter dari keraton Kadriah , jika kamu dari masjid terdapat pasar tradisional yang berada di sebelah kiri masjid yang menjual ikan segar dari sungai Kapuas.

 

  1. Tugu Khatulistiwa

 

tempat-wisata-pontianak

Tugu ini adalah kebanggaan warga Pontianak jarak nya sekitar 3 km dari pusat kota . Pada bagian tugu utama terdapat empat pilar kayu berlian, dua pilar bagian belakang lebih tinggi dari pilar depan . Dan ada tulisan EVENAAR diantara dua pilar belakang , disini juga terdapat museum yang berisikan informasi mengenai garis imajinasi bumi. Jika kamu ingin mendapatkan sertifikat bukti kunjungan yang telah di tanda tangani oleh walikota Pontianak kamu harus membayar terlebih dahulu sebesar Rp.10.000.

 

  1. Rumah Betang Radakng

 

tempat-wisata-pontianak

Rumah ini adalah replika rumah adat suku Dayak di Kalimantan Barat yang sengaja di bangun oleh pemerintah . Berada di jalan Sultan Syahri , kota Baru Pontianak , dan pernah meraih rekor dengan rumah adat terpanjang di Indonesia. Memiliki panjang sekitar 138 meter , lebar 5 meter dan tinggi 7 meter , rumah betang ini terdiri dari tiga bagian yaitu teras atau panted an ruanhg selasar yang di gunakan untuk kumpul keluarga . Terbuat dari kayu ulin dan di hiasi dengan ukiran dan lukisan khas Dayak.

 

  1. Taman Alun-alun Kapuas

 

tempat-wisata-pontianak

Tepian sungai Kapuas ini di gunakan sebagai taman rekreasi keluarga , yang biasanya banyak di kunjungi pada sore dan malam hari . Taman ini memilki luas 3 hektar dan memiliki Tugu Khatulistiwa di salah satu sudutnya. Ada banyak bangku yang dapat di gunakan untuk duduk bersantai sambil menikmati sajian kuliner yang di jual di sekitar taman.

 

  1. Aloe Vera Center

 

tempat-wisata-pontianak

Taman ini adalah budidaya tanaman lidah buaya yang berada di jalan Budi Utomo , Siantan Hulu , Pontianak Utara. Disini kamu akan menemukan lidah buaya berukuran raksasa yang beratnya mencapai 1,2 kg . Selain itu kamu juga dapat melihat proses pengolahan tanaman ini menjadi aneka ragam seperti dodol, permen dan tepung.

 

  1. Pantai Pasir Panjang

 

tempat-wisata-pontianak

Pantai ini berada di kecamatan 17 km dari kota Singkawang , pasirnya putih , air nya berwarna biru jernih serta deretan pepohonan yang membuat rindang. Kamu dapat melakukan beberapa ktivitas disini seperti bermain bola voli , berenang , memancing atau berselancar disini. Fasilitasnya pun cukup lengkap mulai dari hotel , cottage, restoran , toko souvenir , untuk tiket masuknya di kenakan biaya Rp 10.000 per orang.

 

  1. Sinka Island Park

 

tempat-wisata-pontianak

Tempat wisata ini berada di Teluk Ma’jantuh Singkawang , disini terdapat kebun binatang, kolam renang, hingga pantai . Sinka zoo adalah kebun binatang mini yang berada disinidi dalamnya terdapat 200 ekor binatang dari 62 spesies. Untuk tiket masuknya di kenakan biaya Rp 10.000 per orang. Dan jika kamu ingin ke pantai Bajau akan di kenakan tiket masuk sebesar Rp 20.000 , untuk menyeberangi jembatan kayu menuju pulau Simping kamu akan di kenakan biaya Rp 15.000 per orang.

 

  1. Museum Kalimantan Barat

 

tempat-wisata-pontianak

Museum ini berada di jalan Jendral Ahmad Yani Pontianak , dan di bagi menjadi tiga bagian mulai dari artefak temuan di Kalimantan barat, koleksi benda kerajaan , kerajinan seni dan budaya suku Dayak hingga keramik dari Cina. Di luar bangunan terdapat taman kecil dengan jembatan kayu , buka setiap hari selasa sampai kamis mulai pukul 08.00 sampai 16.00 , dan untuk jumat sampai minggu mulai pukul 08.00 sampai 15.00 , untuk hari senin tempat ini tutup.

loading...

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares