10 Tempat Wisata Di Jambi Yang Menarik Dan Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

10 Tempat Wisata Di Jambi Yang Menarik Dan Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

Jambi ini terletak di Pulau Sumatera , Jambi berada di bawah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya. Sehingga banyak di temukan kompleks candi besar disini, disini banyak juga objek wisata dan tidak hanya tentang peninggalan kerajaan Sriwijaya saja . Jika kamu disini sempatkan untuk berwisata ya ,berikut rekomendasi 10 tempat wisata di Jambi yang wajib kamu kunjungi dan sayang banget untuk di lewatkan.

 

  1. Candi Muaro Jambi

tempat-wisata-jambi

Candi Muaro Jambi merupakan peninggalan dari kerajaan Sriwijaya dan Melayu , dan di gadang-gadang sebagai kompleks candi terluas di Indonesia. Dan pada tahun 2009 UNESCO menetapkan candi yang berupa susunan batu bata merah sebagai salah satu situs warisan dunia yang wajib untuk di lindungi. Berada di Kecamatan Muaro Sebo , kabupaten Muaro Jambi dan berjarak sekitar 26 km dari pusat kota Jambi.

 

  1. Tanggo Rajo

tempat-wisata-jambi

Tanggo Rajo ini menawarkan wisata kuliner di tepi perairan , dan selalu ramai di kunjungi wisatawan saat sore dan malam hari. Kamu juga dapat menikmati pemandangan sungai Batanghari yang terpanjang di Sumatera , sambil menikmati pemandangan matahari terbenam . Kamu juga bisa menikmati kuliner yang banyak di jual warung tenda tempat ini.

 

  1. Monas Jambi

tempat-wisata-jambi

Di Jambi juga terdapat replika monument monas yang berada di bundaran kompleks pemerintah kota. Banyak wisatawan yang berkunjung kesini untuk membuktikan kemiripannya dengan Monas di Jakarta , sekilas memang mirip hanya saja ukurannya saja yang lebih kecil . Dan terdapat empat buah jam dinding setiap sisinya dan empat buah ukiran berbentuk angsa di bawahnya.

 

  1. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

tempat-wisata-jambi

Tempat wisata ini  menawarkan sarana olahraga , taman rekreasi dan wisata budaya. Secara umum kompleks ini di bagi menjadi dua bagian Taman Mini dan Taman Rimba , konsepnya memiliki replika bangunan khas daerah setiap kabupaten Jambi. Taman Rimba ini adalah kebun binatang kebanggaan warga Jambi , di sini ada beberapa spesies jenis hewan . Dan yang menjadi daya tarik disini adalah sangkar burung berbentuk setengah lingkaran kaca raksasa yang berisi aneka jenis burung . Berada di jalan Sunaryo sekitar 500 meter dari Bandara Sultan Thata Syaifuddin.

 

  1. Kolam Renang Tepian Rajo

tempat-wisata-jambi

Kolam renang ini berada di jalan Kapten Sujono Kecamatan Kota Baru sekitar 6 km dari pusat kota Jambi.  Dengan ukuran 20 x 50 meter pesergi dan telah berstandart internasional  , ada kolam dewasa dan kolam renang anak-anak selain itu tempat ini juga di jadikan  latihan dan pertandingan polo air.

 

  1. Danau Sipin

tempat-wisata-jambi

Danau ini berada di Simpang Baluran Kenali, Kecamatan Telanaipura , danau ini juga dijadikan tempat budidaya ikan air tawar seperti ikan mujair dan nila. Jika kamu ingin melihat aktifitas nelayan secara dekat kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau , sekitar menampung 3-4 orang dengan biaya Rp 5.000 per orang. Ada juga deretan warung makanan yang menjual masakan hasil tangkapan nelayan setempat.

 

  1. Taman Anggrek Sri Soedewi

tempat-wisata-jambi

Taman ini berada di jalan Ahmad Yani di depan kantor gubernur Jambi , disini juga terdapat informasi mengenai cara perwatan anggrek secara baik dan tepat. Terdapat 60 jenis bunga anggrek di taman seluas 2,5 hektar , untuk tiket masuknya di kenakan Rp 2.000 untuk dewasa dan Rp 1.500 untuk anak-anak. Kamu juga akan mendapatkan bibit bunga anggrek secara gratis untuk di bawa pulang ke rumah.

 

  1. Museum Negeri Jambi

tempat-wisata-jambi

Museum ini berada di jalan Urip Sumoharjo no.01 Jambi , bangunan ini menyerupai rumah Kajang Lako yaitu rumah adat Jambi . Disini terdapat koleksi benda bersejarah dan bernilai seni budaya , ada anyaman khas Jambi , peralatan berburu , batik tenun dengan motif bunga yang khas dan juga binatang yang di awetkan. Buka setiap hari senin sampai Kamis pada pukul 08.00 sampai 15.00 dan jumat pukul 07.15 sampai 11.00 , dan untuk hari sabtu , minggu dan hari libur nasional tutup dengan biaya Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak.

 

  1. Masjid Agung Al Falah

tempat-wisata-jambi

Masjid ini di  kenal dengan sebutan Masjid seribu tiang, karena masjid ini di penuhi tiang bukan dinding sehingga sirkulasi udara dan cahaya bisa berjalan lancer. Jumlah tiang disini 256 buah saja dan di bangun pada tahun 1971 sampai tahun 1980 , dapat menampung 10.000 jamaah berada di jalan Sultan Thaha no. 60 Legok Kecamatan Telanaipura.

 

  1. Pasar Keramik Sitimang

tempat-wisata-jambi

Pasar keramik Sitimang ini berada di jalan Sisingamaraja dan telah di kenal sebagai pusat penjualan keramik sejak tahun 1980 an . Di pasar ini kamu dapat membeli berbagai bentuk hasil kerajinan seperti toples, guci, peralaatan makan sampai hiasan rumah , keramik disini di kirim langsung dari Cina dan sulit kamu temukan di tempat lain.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares