10 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga Dan Terkenal

10 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga Dan Terkenal

tempat-wisata-cirebon

Cirebon ini berada di provinsi Jawa Barat dan lebih di kenal dengan jalur pantura dan menjadi jalur utama untuk menghubungkan antara kota Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Cirebon juga tidak hanya terkenal dengamotif batiknya mega mendung tapi juga memiliki tempat wisata yang menakjubkan . Berikut rekomendasi 10 tempat wisata di Cirebon yang wajib kamu kunjungi dan sayang untuk di lewatkan.

 

1.       Wanawisata Ciwaringin

tempat-wisata-cirebon

Tempat wisata ini bearda di Desa Ciwaringin disini terdapat banyak pohon rindang nya terutama pohon kayu putih. Wisata ini selalu ramai di kunjungi oleh pengunjung pada hari minggu , kamu dapat memancing di danau Ciranca dan dapat kmau bawa pulang hasil tangkapannya. Dan terdapat arena motor cross yang baiasa di gunakan untuk pertandingan balapan.

 

2.       Desa Wisata Cikalahang

tempat-wisata-cirebon

Di desa wisata ini kamu dapat menancing dan kuliner serta menjadi tempat wisata favorit keluarga, berada di kecamatan Dukuputang. Ada menu istimewa disini yaitu ikan bakar , kamu juga dapat memancing ikan di kolam yang telah tersedia sehingga ikan yang akan di masak kondisinya masih segar.

 

3.       Situ Sedong

tempat-wisata-cirebon

Situ Sedong adalah waduk buatan yang sekaligus di jadikan tempat wisata, dan berada di Cirebon . Disini kamu dapat melihat pemandangan dan bermain bebek air untuk mengelilingi waduk ini. Lebih baik saat sore hari jika kamu ingin berkunjung kesini karena tidak terlalu panas, jadi kamu dapat menikmati pemandangan lebih nyaman .

 

4.       Taman Ade Irma Suryani Nasution

tempat-wisata-cirebon

Taman ini adalah taman terbesar di kota ini, dahulunya bernama Trafiic Garden tapi semenjak tahun 1966 taman ini berubah nama menjadi Taman Ade Irma Nasution. Disini terdapat tempat bermain anak-anak dan kebun binatang mini, lokasinya pun berdekatan dengan pelabuhan Cirebon . Setiap hari minggu dan libur nasional selalu diadakan pertunjukan seni dan music.

 

5.       Keraton Kasepuhan

tempat-wisata-cirebon

Keraton ini adalah keraton pertama di Cirebon di bangun oleh Pangeran Mas Mochamamad Arifin II pada tahun 1529. Keraton ini menjadi tempat yang termegah dan terawatt di kota ini, di kelilingi tembok bata berwarna merah dan bangunan utamanya berwarna putih. Kamu dapat melihat benda-benda pusaka  dan kereta singa milik Sultan yang di keluarkan setiap tanggal 1 syawal Hijriyah untuk di mandikan.

 

6.       Keraton Kanoman

tempat-wisata-cirebon

Keraton ini berjarakl sekitar 600 dari keraton Kasepuhan , Keraton Kanoman ini di bangun pada tahun 1588 . Di dekat keraton ini terdapat pasar tradisional disana kamu dapat membeli souvenir khas Cirebon untuk oleh-oleh. Di dalam terdapat benda-benda antic seperti piring antic dari Eropa koleksi Sultan dahulu , tempat ini hingga sekarang masih di jadikan tempat tinggal oleh keturunan ke 12 kaesultanan.

 

7.       Masjid Agung Sang Cipta Rasa

tempat-wisata-cirebon

Masid ini juga di kenal dengan Masjid Agung Kasepuhan karena tempat nya berdekatan dengan keraton Kasepuhan. Di halaman terdapat sumber air yang di percaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit jika di minum dan di pakai untuk membasuh wajah. Pintu masuk nya pun di buat tindak tinggi sehigga oramng yang datang akan menunduk sebagai penghormatan dan kesopanan saat memasuki tempat ibadah.

 

8.       Taman Sari Gua Sunyaragi

tempat-wisata-cirebon

Taman ini memiliki arti yaitu “Sunya” artinya sepu dan “Ragi” adalah raga , tempat nya cocok sekali jika di jadikan tempat refreshing. Disini terdapat dua bangunan utama yaitu pesanggrahan dan gua , di dalam pesanggrahan terdapat ruang tidur dan ruang rias. Bangunan gua di sini terlihat seperti candi , dan dalam nya seperti gua karena terdapat banyak lorong dan berbentuk seperti labirin.

 

9.       Banyu Panas Palimanan

tempat-wisata-cirebon

Pemandian air panas ini berada di Desa Palimanan Barat , kecamatan Palimanan , Cirebon . Sekitar 25-30 menit jika di tempuh dari pusat kota Cirebon . Pemandian ini memiliki sumber air yang mengandung belerang yang dapat di percaya bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit dan seslalu ramai di kunjungi saat akhir pekan dan libur nasional.

 

10.   Kampung Batik Trusmi

tempat-wisata-cirebon

Jika kamu ingin mencari oleh-oleh kamu dapat kesini , kampung ini berada di Kecamatan Plered , Cirebon. Kamu dapat memilih batik dengan berbagai motif dengan harga eceran atai grosir , dengan harga yang terjangkau di bandingkan di mall atau pusat perbelanjaan lainnya.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares