10 Tempat Wisata Di Bengkulu Yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

10 Tempat Wisata Di Bengkulu Yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

tempat-wisata-bengkulu

Bengkulu lebih terkenal dengan bunga bangkainya , yaitu bunga Raflesia Arnoldi dengan ukuran yang cukup besar .Selain bunga yang menjadi endemiknya , Bengkulu juga memiliki nilai sejarah yang lebih karena dulu pernah di jajah oleh inggris . Berikut 10 tempat wisata di Bengkulu yang wajib di kunjungi dan sayang untuk kamu lewatkan.

 

  1. Benteng Marlborough

tempat-wisata-bengkulu

Benteng ini menjadi salah satu bukti kalau Inggris pernah berkuasa di Bengkulu , di bangun pada tahun 1713 sampai 1719 . Dengan luas 240×170 meter jika di lihat dari atas bentuknya seperti kura-kura, selain dulu nya menjadi banteng pertahanan juga menjadi gudang penyimpanan rempah-rempah. Di dalam nya kamu akan menemukan ruang tahanan, kantor pemerintahan inggris , Meriam, ruang perlindungan, gudang senjata dan terowongan dengan ukuran 6×2 meter.

 

  1. Rumah Pengasingan Bung Karno

tempat-wisata-bengkulu

Rumah pengasingan Bung Karno ini berada di jalan Soekarno Hatta , Kecamatan Gading Cempaka dan menjadi saksi Bungkarno merebut kemerdekaan. Selama empat tahun mulai dari tahun 1938 sampai 1942 dengan ukuran 9×18 meter menjadi tempat tinggal Bungkarno. Di dalamnya kamu dapat melihat koleksi buku-buku koleksi Bungkarno, ada juga sepeda , meja , kursi , ranjang, mesin jahit bahkan surat cinta Bungkarno dengan Fatmawati. Biaya tiket masuknya hanya Rp 2.500 kamu dapat masuk kedalam sini untuk melihat masa perjuangan dahulu.

 

  1. Masjid Jamik Bengkulu

tempat-wisata-bengkulu

Ternyata selama pengasingan Bung Karno tidak hanya sibuk dengan buku dan upaya kemerdekaan nya. Tapi beliau juga meninggalkan jejaknya dalam masjid Jamik Bengkulu, bersama warga sekitar beliau membangun kembali masjid tua di ujung jalan Soeprapto di pusat kota Bengkulu. Atapnya yang berbentuk limas menggambarkan persatuan budaya Bengkulu , selain itu terdapat beberapa tiang dengan ukiran berwarna emas.

 

  1. Museum Negeri Bengkulu

tempat-wisata-bengkulu

Museum ini berada di jalan Pembangunan No 08 Padang Harapan , Bengkulu memiliki 6.000 koleksi benda-benda bersejarah yang menjadi 10 kategori . Dan yang menjadi daya tarik para pengunjung adalah adanya mesin cetak “Uang Merah” dengan merek Golden Press dan ada juga 126 naskah kuno anonym, kain khas Bengkuluyang di kenal dengan Kain Bersurek, miniature rumah adat, peralatan rumah tangga jaman dahulu, pakaian adat dan senjata tradisional. Buka setiap hari kecuali hari senin dan libur nasional mulai pukul 08.00 sampai 13.00.

 

  1. Pantai Pasir Panjang

tempat-wisata-bengkulu

Pantai Pasir panjang ini memiliki garis pantai sepanjang 7 km dengan garis terpanjang di Indonesia. Pantai ini juga memiliki garis pasang surut sekitar 500 meter karena tidak ada batu karang yang menghalangi ombaknya. Disini tidak ada pohon kelapa adanya adalah pohon pinus dan cemara, fasilitas disini cukup lengkap seperti tempat bermain anak, restoran, toko souvenir hingga penginapan.

 

  1. Pantai Tapak Paderi

tempat-wisata-bengkulu

Pantai ini berjarak sekitar 100 meter dari Benteng Marlborough , banyak pengunjung yang kesini apalagi saat sore hari untuk melihat matahari terbenam sambil makan jagung bakar , pisang bakar dan es kelapa muda yang banyak di temui di sekitar pantai . Selain itu pantai ini juga terkadang di gunakan sebagai lokasi Festival Tabot yang memperingati wafatnya Husein bin Ali binAbu Thalib , ada pertunjukan seni dan perlombaan . Serta ada pasar kaget yang menjual berbagai kuliner , pakaian dan souvenir khas Bengkulu.

 

  1. Danau Dendam Tak Sudah

tempat-wisata-bengkulu

Menurut cerita masyarakat setempat dahulunya ada sepasang kekasih yang tak di restui keluarga masing-masing sehingga memutuskan untuk menenggelamkan diri di danau ini. Meski mereka sudah meninggal hubungan kedua keluarga ini tetap saja memburuk maka dari itu di beri nama “Danau Dendam Tak Sudah”. Terlepas dari cerita rakyat itu danau ini sering di kunjungi untuk rekreasi dan penelitian , karena disini di temukannya anggrek langka yaitu anggrek pensil. Disini kamu dapat mencicipi makanan khas Bengkulu sambil melihat pemandangan yang indah , danau ini berada di Kota Curup , Bengkulu Utara sekitar 6 km dari pusat kota Bengkulu.

 

  1. Danau Mas Harun Bastari

tempat-wisata-bengkulu

Danau ini memiliki pulau yang berbentuk huruf C di tengahnya , di sekitar danau terdapat kebun sayuran milik warga setempat dan pepohonan yang rindang untuk berteduh . Fasilitasnya cukup lengkap seperti lahan parkir , mushola, toilet, arena bermain anak, toko souvenir dan warung makan. Ada beberapa kegiatan yang adapat dilakukan disini seperti sepeda air , flying fox, dan perahu untuk berkeliling danau . Berada di kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

 

  1. Pulau Tikus

tempat-wisata-bengkulu

Pulau karang ini memiliki luas sekitar 2 hektar dan berada 10 km dari pusat kota Bengkulu, sekitar 40 menit menggunakan perahu motor untuk sampai kepulau ini. Jika kamu beruntung kamu dapat melihat penyu sisik sedang bertelur malam hari , jika siang hari kamu dapat menyelam , snorkling dan juga memancing. Disini juga terdapat mercusuar dan masih berfungsi , pulau ini biasanya di gunakan berlabuh kapal-kapal besar saat ada gelombang besar.

 

  1. Sungai Air Berau

tempat-wisata-bengkulu

Sungai ini berada di kabupaten Muko-muko , Bengkulu , tempat ini menjadi tempat faforit untuk melakukan olahraga air yaitu arung jeram karena arusnya deras . Terkadang ada juga pengunjung yang mancing disini , jika kamu berkunjung di waktu yang tepat kamu dapat menyaksikan upacara “ anak daro mandi ke air” yang merupakan ritual anak bayi yang baru lahir dimandikan di sungai .

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares