10 Tempat Wisata Di Belitung Yang Wajib Dikunjungi Dan Terkenal

10 Tempat Wisata Di Belitung Yang Wajib Dikunjungi Dan Terkenal

Belitung dahulunya tidak cukup terkenal seperti sekarang tidak banyak orang yang mengetahui tentang keindahannya . Tapi sekarang semenjak pembuatan film lascar pelangi keindahan Belitung mulai tereksposes, jika kamu ingin liburan ke belitung bingung mau kemana . Berikut 10 tempat wisata di Belitung yang wajib dikunjungi dan semoga dapat menjadi referensi buat liburan kamu.

 

  1. Pantai Tanjung Tinggi

tempat-wisata-belitung

Pantai ini berada pada sebelah utara Belitung sekitar 37 km dari kota Tanjung Pandan , dan menjadi salah satu pantai yang terkenal setelah di jadikan salah satu tempat syuting Laskar Pelangi. Memiliki pasir yang putih , air yang jernih dan batu granit yang berukuran besar membuat daya tarik tersendiri. Ombak disni pun cukup tenang jadi kamu dapat berenang tanpa harus takut tergulung ombak, terdapat warung di tepi pantai yang menjual berbagai macam seafood .

 

  1. Pantai Tanjung Kelayang

tempat-wisata-belitung

Pantai Tanjung Kelayang ini berada di sebelah utara pulau Belitung , dan yang menjadi daya tarik disini adalah Batu Kelayang yang menjadi mascot dari Sail Wakatobi-Belitung 2011 . Pantai ini terbagi menjadi dua bagian yaitu di sebelah barat terdapat gugusan batu granit dan pada sebelah timur hamparan pasir yang putih dan bersih, kamu disini dapat menyelam dan berenang , memancing, berjemur dll.

 

  1. Pulau Lengkuas

tempat-wisata-belitung

Pulau ini berada pada sebelah utara pulau Belitung di butuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menyebrang ke pulau ini. Dan yang menjadi daya tarik di pulau Lengkuas adalah terdapatnya mercusuar di tengah pulau, mercusuar ini di bangun pada tahun 1882 dari bangunan ini kamu dapat melihat pemandangan keindahan pantai di Belitung dari ketinggian.

 

  1. Bukit Berahu

tempat-wisata-belitung

Bukit ini berada di dekat Tanjung Tinggi , bangunan ini perpaduan dari resto dan villa. Dari atas sini kamu dapat melihat pemandangan pasir putih dan laut biru muda , untuk sampai ke tempat ini kamu harus menuruni 97 anak tangga.

 

  1. Pantai Punai

tempat-wisata-belitung

 

Pantai Punai ini berada di desa Tanjung Kelumpang di sebelah tenggara Belitung. Bebatuan granit disini berbeda dengan bebatuan granit di pantai lainnya , disini batu nya kecil dan pasirnya putih dan lembut. Di depan pantai ini terdapat Pulau Punai , dahulu banyak burung punai disini . Jika kamu ingin ke Pulau Punai hanya cukup berjalan kaki jika airnya sedang surut.

 

  1. Pulau Pasir

tempat-wisata-belitung

Pulau ini hanya lah tumpukan pasir yang akan terlihat saat air laut sedang surut, tapi jika air laut sedang pasang maka pulau ini akan tenggelam di bawah air laut. Luas pulau ini hanya sekitar separuh lapangan sepak bola, banyak pengunjung yang datang kemari dengan menggunakan perahu nelayang tapi jika air nya sedang surut.

 

  1. Danau Kaolin

tempat-wisata-belitung

Danau ini selalu banyak di datangi oleh para fotografer dan sebenarnya bukanlah tempat wisata umum , tapi karena mulai tereksposes sehingga ada beberapa agen wisata yang menyediakan jasa paket wisata ke tempat ini. Kaolin ini adalah bekas tempat penambangan dan sekarang menjadi danau yang indah dengan memiliki air yang berwarna biru dan daratan yang berwarna putih.

 

  1. Pantai Penyabong

tempat-wisata-belitung

Pantai ini berada di Kecamatan Membalong Belitung Selatan , pantai Penyabong ini memiliki sebutan lain yaitu Pantai Batu Lubang. Disini juga terdapat hamparan batu granit yang besar , tapi beda nyabatu granit di Bangka Belitung disini saling menyambung dan memanjang serta menjorok ke arah laut sehingga membentuk dermaga secara tidak langsung. Ombak disini juga tidak terlalu besar jadi kamu dapat berenang , pasir nya putih dan lembut airnya pun juga jernih.

 

  1. Museum Kata

tempat-wisata-belitung

Museum ini adalah museum literature pertama di Indonesia , disini kamu dapat melihat koleksi film laskar pelangi dan beberapa karya Andrea Hirata. Terdapat sebuah novel yang tidak di terbitkan dan kamu hanya bisa membacanya disini, museum ini didirikan bertujuan untuk menginspirasi anak-anak dan para remaja di desa Gantong. Supaya mereka juga mengembangkan bakat seninya  , ada juga Warung Kupi Kuli yang merupakan gambaran kehidupan para penambang.

 

  1. Pantai Nyiur Melambai

tempat-wisata-belitung

Pantai Nyiur Melambai ini berada di desa Lalang, kecamatan Manggar, Belitung Timur dan menjadi salah satu pantai yang banyak di kunjungi para wisatawan . Yang unik dari pantai ini adalah tumbuhnya pohon pinus bukan pohon kelapa . Dan menjadikan suasana di pantai ini teduh kamu dapat melakukan aktivitas seperti bermain voli pantai , berenang , dan panjat tebing.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares