10 Tempat Wisata Di Aceh Yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

10 Tempat Wisata Di Aceh Yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

tempat-wisata-Aceh

Nanggroe Aceh Darussalam atau lebih di kenal dengan sebutan Aceh yang berada di ujung Pulau Sumatera. Keindahan alam nya yang luar biasa mulai dari pantai hingga pegunungan nya , setelah terjadi bencana tsunami 2004 warga aceh kembali bangkit dn menata tempat pariwisatanya kembali dengan baik. Berikut rekomendasi 10 tempat wisata di Aceh yang wajib di kunjungi dan sayang banget buat di lewatkan.

 

  1. Masjid Raya Baiturrahman

tempat-wisata-Aceh

Masjid ini di bangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 dan sekarang telah menjadi ikon Aceh. Bangunannya berwarna putih dan di kelilingi oleh tujuh menara dan kubah yang berwarna hitam, serta di depannya terdapat kolam besar dan pancuran air yang memiliki bentuk hampir sama dengan Taj Mahal di India. Di sekitar masjid terdapat pedagang penjual souvenir , atau kamu bisa datang ke belakang masjid karena di sana terdapat pasar yang menjual aneka kuliner.

 

  1. Air Terjun Blang Kolam

tempat-wisata-Aceh

Air terjun ini berada di desa Sidomulyo Aceh Utara , air terjun kembar ini memiliki ketinggian 75 meter dan di kelilingi oleh pepohonan yang rindang . Ada beberapa aktifitas yang dapat kamu lakukan disini misalnya bermain air, berendam di kolam tampungan air terjun ataupun sekedar bersantai di tepian. Kamu juga bisa melakukan kemah dan menikmati suasana alam bebas dengan membayar seharga Rp 5.000 per orang.

 

  1. Air Terjun Suhom

tempat-wisata-Aceh

Air Terjun Suhom ini berada di Desa Suhom , kecamatan Lhoong , Aceh Besar . Untuk dapat sampai ketempat ini kamu harus melewati jalanan yang naik turun dengan pemandangan pegunungan Paro dan Kulu serta ada monyet-monyet yang bergelantungan di pohon. Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter dan di bagi menjadi tiga tingkat, kamu bisa berenang di bawahnya  tapi jiak kamu enggan untuk bereanang kamu biasa duduk di gazebo dan menikmati makanan yang di jual di sekitar air terjun.

 

  1. Pantai Lampuuk

tempat-wisata-Aceh

Pantai ini memiliki keindahan yang hampir sama dengan pantai Kuta Bali , dengan memiliki garis pantai  sepanjang 5 km dari selatan ke utara dengan pasir putih yang lembut serta tebing karang di ujung pantai . Ada banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan disini seperti berselancar , berjemur , berenang , dan bermain banana boat. Disini juga ada pelestarian penyu kamu pun juga bisa mencoba untuk melepaskan tukik ke laut . Jika kamu ingin menikmati keindahan pantai yang lama kamu dapat menginap di cottage yang di sewakan di sekitar pantai , untuk tiket masuknya kamu cukup membayar seharga Rp 3.000 per orang . Pantai ini berada di Desa Meunasah Masjid, Lhoknge, Aceh Besar.

 

  1. Pantai Lhoknga

tempat-wisata-Aceh

Pantai ini berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh , kamu daapat menikmati pemandangan di bawah pohon yang rindang atau bermain voli pantai di pasir yang luas dan landai. Kamu juga bisa berselancar di laut ini karena ombak nya memiliki ketinggian 1,5 sampai 2 meter cocok untuk olahraga. Jika saat sore hari kamu dapat melihat pemandangan matahri terbenam yang begitu cantic dari pantai ini sambil makan jagung bakar.

 

  1. Pantai Ulee Lheue

tempat-wisata-Aceh

Pantai ini berjarak 3 km dari pusat Banda Aceh , tepatnya di kecamatan Meuraxa. Pengunjung biasanya melakukan kegitan memancing disini . Jika kamu tidak membawa peralatan memancing kamu dapat membelinya di sekitar pantai.  Atau kamu bisa duduk di perahu nelayan sambil menikmati jagung bakar dan pemandangan yang di seberangnya terdapat pegunungan .

 

  1. Pulau Rubiah

tempat-wisata-Aceh

Pulau ini berada di Sabang lebih tepatnya lagi di barat laut Pulau Weh , pulau ini lebih terkenal dengan keindahan bawah lautnya . Memiliki 14 dari 15 mbiota laut yang di lindungi di Indonesia, jika kesini siap kan alat menyelam dan snorkling untuk melihat ikan tropis dan terumbu karang yang berwarna-warni . Jangan khawatir jika kamu tidak membawa alat snorkling kamu dapat menyewanya disini dengan harga Rp 40.000 untuk satu hari.

 

  1. Kuala Merisi

tempat-wisata-Aceh

Kuala Merisi ini berada di desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee , dengan memiliki pantai  yang panjang dan ombak yang kecil jadi tidak perlu khawatir bermain di tepiannya. Atau kamu bisa duduk duduk di atas tikar sambil menikmati deburan ombak dan hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi , ada juga kamar mandi dan deretan warung makanan yang menjual aneka kuliner.

 

  1. Museum Stunami

tempat-wisata-Aceh

Bencana tsunami yang terjadi di tahun 2004 menyisakan duka mendalam untuk keluarga yang di tinggalkan jadi untuk mengenang tragedy itu . Di buatkannya Museum Stunami di jalan Sultan Iskandar Muda di tahun 2009. Di lorong panjang museum terdapat suara gemuruh ombak dan kucuran air mengingatkan kepada semua pengunjung akan terjadinya bencana tersebut. Museum ini buka setiap hari kecuali hari Jumat mulai pukul 10.00 sampai 17.00 .

 

  1. Pantan Terong

tempat-wisata-Aceh

Dari pantan terong ini kamu dapat melihat keindahan Aceh Tengah dari atas bukit , dengan memiliki ketinggian 1830 meter di atas permukaan laut. Jika kesini bawalah jaket dan baju hangat karena udara cukup dingin, dari sini kamu juga dapat melihat danau laut tawar yang bentuk nya seperti kuali raksasa . Dan di suguhkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang begitu cantik.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares