10 Tempat Wisata Balikpapan Yang Wajib Kamu Kunjungi Bersama Keluarga

10 Tempat Wisata Balikpapan Yang Wajib Kamu Kunjungi Bersama Keluarga

Kota Balikpapan ini berada di provinsi Kalimantan Timur , dan di kenal memiliki sumber daya minyak yang tinggi . Selain itu juga menjadi kota dengan pertumbuhan ekonomi terbaik di Indonesia , serta memiliki udaranya cukup baik di bandingkan di kota lain. Pemandangan pantai hingga hutan nya sungguh menawan , berikut rekomendasi 10 tempat wisata Balikpapan yang wajib di kunjungi dan sayang untuk di lewatkan .

 

 

  1. Pantai Kemala

tempat-wisata-balikpapan

Pantai berada di pusat kota lebih tempatnya di jalan Jendral Sudirman , pantai ini memiliki suasana pantai Jimbaran di Bali . Pasirnya putih dengan ombak yang kecil hingga deretan pohon kelapa di tepi pantai . Jika sore hari kamu dapat menikmati matahari tenggelam dan beberapa kegiatan yaitu flying fox , jetski dan banana boat.

 

  1. Pantai Melawai

tempat-wisata-balikpapan

Pantai ini tempatnya tidak jauh dari pantai Kemala , disini pantai nya memiliki hidangan dengan harga yang cukup terjangkau berbeda dengan pantai Kemala yang lebih terkesan mewah dengan hidangan Eropa nya. Disini tersedia beragam kuliner yaitu bakso , pecel lele , es kelapa dll , dan akan ramai saat sore menjelang malam.

 

  1. Pantai Lamaru

tempat-wisata-balikpapan

Pantai ini berada di desa Teritip sekitar 14 km dari pusat kota dan dapat di tempuh dengan waktu 30 menit. Pasir pantainya halus dan airnya jernih sehingga cocok sekali untuk berjemur dan bersantai atau bermain air seperti banana boat dan bermain flyingfox. Fasilitas di sini pun cukup lengkap tempat parkir yang luas , mushola , toilet , kamar ganti dan tempat makan. Disini kamu dapat menyeewa tikar dan berenang dengan membayar harga Rp 10.000 , buka mulai pukul 07.00 sampa 18.00.

 

  1. Penangkaran Buaya

tempat-wisata-balikpapan

Penangkaran ini memiliki luas sekitar 5 hektar dan menjadi salah satu tempat wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan . Disini terdapat 1.500 ekor buaya selain itu juga terdapat kandang ular dan monyet , kamu juga dapat mencoba menaiki gajah untuk berkeliling di kawasan penangkaran buaya. Saat akhir pekan atau pun saat hari libur nasional kamu dapat mencicipi sate buaya, kamu juga dapat membeli souvenir dari kulit buaya seperti dompet dan ikat pinggang. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 dengan tiket masuk sebesar 10.000 per orang.

 

  1. Bukit Bangkirai

tempat-wisata-balikpapan

Bukit ini berada di kecamatan Samboja kabupaten Kutai Kartanegara, tempat wisata ini adalah hutan tropis yang masih sangat asri. Fasilitas disini pun cukup lengkap sperti kolam renang, restoran hingga cottage yang memiliki bentuk rumah panggung dan dapat di gunakan untuk menginap. Di sini banyak pohon bangkirai bahkan ada yang memiliki usia 150 tahun dengan tinggi yang mencapai 50 meter serta berdiameter 2,3 meter. Kamu juga bisa mencoba melewati jembatan panjang yang panjangnya sekitar 64 meter dan tinggi 30 meter , salah satu jembatan canopi yang akan menghubungkan ke 5 pohon Bangkirai. Untuk wisatawan domestic akan di kenakan biaya Rp 15.000 dan untuk wisatawan mancanegara akan di kenakan biaya Rp 30.000. Untuk semua pengunjung akan di larang menaiki jembatan jika angina memiliki kecepatan 30 km per jam .

 

  1. Hutan Wanawisata

tempat-wisata-balikpapan

Hutan ini adalah hutan lindung yang memiliki pepohonan khas Kalimantan , sangat cocok untuk di gunakan piknik bersama keluarga tapi kamu harus memastikan membawa bekal yang cukup karena disini tidak ada pedagang. Kamu dapat trekking menjelajahi hutan , jika kamu membawa anak kecil jangan khawatir disini juga ada tempat bermain anak-anak seperti prosotan dan ayunan. Jika dari pusat kota Balikpapan dapat di tempuh dengan waktu 15 menit . Buka mulai 08.00 sampai 17.00 dengan biaya tiket masuk Rp 1.000 per orang.

 

  1. Kampung Atas Air Margasari

tempat-wisata-balikpapan

Di kampung ini seluruh rumah terbuat dari kayu dan berada di atas air, dan transportasi yang di gunakan adalah perahu motor . Kampung ini di bangun pada tahun 2.000 dan menjadi tempat wisata yang di banggakan oleh pemerintah kota. Kamu dapat bersantai di gazebo sambil memancing dari atas jembatan yang terbuat dari kayu ulin.

 

  1. Taman Bekapai

tempat-wisata-balikpapan

Taman ini berada di pusat kota dan memiliki patung monument perunggu yang terbentuk abstrak dan terdapat air mancur dari dalam. Air mancur itu dengan bantuan pencahayaan dan lebih tepat nya terlihat seperti semburan minyak bumi. Dan akan di tunjukkan ke pengunjung saat malam hari , serta terdapat pepohonan yang rindang di lengaki bangku-bangku untuk beristirahat.

 

  1. Pasar Klandasan

tempat-wisata-balikpapan

Pasar ini memiliki jarak yang dekat dengan pantai dan memiliki pemandangan yang indah . Pasar tradisional ini tempat jual beli mulai dari makanan, ikan segar, buah , sayuran hingga pakaian dengan harga yang cukup terjangkau kamu dapat menawarnya. Jika kamu ingin meliht pemandangan yang menakjubkan kamu dapat keluar dari bagian belakang pasar.

 

  1. Pasar Inpres Kebun Sayur

tempat-wisata-balikpapan

Pasar ini jaraknya sekitar satu jam dari bandara , disini kamu dapat membeli oleh-oleh untuk di bawa pulang . Di pasar Inpres Kebun Sayur ini menjual gantungan kunci , miniature rumah adat Dayak , gelang kalung hingga Mandau. Jika kamu hoby koleksi batu permata kamu juga dapat mendapatkannya disini mulai batu akik , safir, delima, berlian dll.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares