10 Makanan Khas Surabaya Yang Wajib Kamu Coba Saat Liburan

10 Makanan Khas Surabaya Yang Wajib Kamu Coba Saat Liburan

kuliner-khas-surabaya

Tahu kah kalian kalau Surabaya adalah kota metropolitan di urutan kedua setelah Jakarta , Surabaya memiliki pesona lain yang tidak akan bisa kamu lupakan . Selain terdapat deretan wisata alam, sejarah , monument dan landmarknya , kota ini juga di kenal dengan makanan khas nya. Tidak lengkap rasanya jika hanya berwisata tanpa harus mencoba makanan khas nya. Berikut ini kami telah merangkumnya 10 makanan khas Surabaya

1. Rujak Cingur Khas Surabaya

kuliner-khas-surabaya

Yang pertama makanan khas dari daerah Surabaya yang wajib kamu coba kali ini adalah rujak cingur. Meski makanan yang satu ini tak hanya dijual di Surabaya saja, tetapi rujak cingur ini tetap menjadi pengingat sebagai menu khas Surabaya. Makanan khas Surabaya yang satu ini merupakan warisan budaya kuliner masyarakat setempat dan merupakan salah satu simbol dari Kota Surabaya.

Rujak Cingur terdiri dari bahan dasar buah-buahan segar yang dipadu dengan sehatnya rebusan sayur, tempe, lontong, tahu, bumbu rujak petis, dan tentunya cingur itu sendiri yang menambah kenikmatan makanan yang satu ini.

2. Soto Ayam Lamongan Khas Surabaya

kuliner-khas-surabaya

Selanjutnya makanan khas Surabaya yang sangat enak dan terkenal ini adalah soto ayam Lamongan. Soto ayam khas Lamongan ini merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang tidak hanya menghangatkan tetapi juga sangat mengenyangkan jika kamu sudah menyantapnya.

Makanan khas Surabaya ini hampir sama dengan soto pada umumnya, tetapi terdiri dari nasi putih yang masih hangat dengan tambahan suwiran ayam, soun, seledri, tomat, telur rebus, tauge, kol, dan tentunya taburan koya yang semakin memperkaya kenikmatan makanan yang satu ini agar rasanya semakin gurih di lidah penikmatnya.

3. Rawon Setan Khas Surabaya

kuliner-khas-surabaya

Kalo makanan khas Surabaya yang satu cukup ekstrim yakni rawon setan. Saat teman-teman ke Surabaya, pastinya banyak banget lho pedagang yang jualan rawon setan ini. Disebut Rawon Setan karena rasa makanan tradisional Indonesia ini memang begitu kuat yang merupakan hasil dari berpadunya komponen bahan dan bumbu keluak sebagai bumbu utama yang memberikan kesan warna dan rasa yang khas hitam asli dari bumbu tersebut.

Jika kamu mencicipi makanan khas Surabaya yang satu ini dijamin kamu pasti akan ketagihan sejak pertama kali mencobanya, karena rasannya yang memang sangat khas dan nikmat dilidah membuat kamu ingin mencobanya lagi.

4. Lontong Balap Khas Surabaya

kuliner-khas-surabaya

Lontong balap juga termasuk salah satu makanan khas Surabaya yang juga makanan khas Indonesia sebagai ciri dari Kota Surabaya. Makanan ini memiliki citra rasa yang khas dan nikmat, karena merupakan paduan yang pas dari isian lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, serta sambal yang nikmat. Jaman dahuu makanan khas Surabaya ini dijual di dalam kemaron besar atau semacam gerabah yang terbuat dari tanah liat yang dibakar.

Embel-embel balap pada nama makanan ini karena dulu para penjualnya berebut pembeli di perjalanan dan pembelinya berjalan cepat-cepat menuju pos terakhir di Pasar Wonokromo, hal itulah yang menimbulkan kesan berpacu atau bahasa Jawanya disebut balapan.

5. Nasi Cumi Bumbu Madura Khas Surabaya

kuliner-khas-surabaya

Makanan khas Surabaya yang paling enak berikutnya ini adalah nasi cumi bumbu madura. Makanan ini sangat cocok bagi kamu yang lebih suka dengan kuliner yang lebih ringan bumbu. Jadi tidak terlalu kental ataupun banyak bumbu yang digunakan untuk memasakanya. Jadi kamu wajib mencoba nikmatnya makanan yang satu ini.

Makanan khas Surabaya ini biasanya disajikan dengan cumi masak tinta dengan varian menu nasi cumi peyek, nasi cumi campur, dan nasi cumi komplit. Perpaduan nasi putih, cumi masak tinta, tahu masak bumbu bali, mie, peyek udang, kadang ditambah dengan empal dan jeroan sapi.

6. Tahu Campur Khas Surabaya

kuliner-khas-surabaya

Adapun makanan khas Surabaya yang paling enak selanjutnya ini adalah tahu campur. Tahu Campur merupakan salah satu dari daftar kuliner paling lezat yang ada di Surabaya. Makanan ini terdiri dari lontong, daging sapi, kikil, perkedel singkong atau lentho, tauge, mie kuning, tahu, dan selada.

Yang membuat makanan khas Surabaya ini semakin nikmat adalah adanya kuah kaldu yang khas dengan rasa manis gurih serta menggunakan bumbu petis yang menjadikan kuliner satu ini kaya rasa dan tidak terlupakan. Yang pasti kamu wajib mencoba lezatnya makanan khas Surabaya ini jika sedang berkunjung ke daerah Surabaya.

7. Sate Klopo Khas Surabaya

kuliner-khas-surabaya

Berikut ini juga termasuk salah satu daftar makanan khas Surabaya yang sangat nikmat yang wajib kamu coba. Sate Klopo atau Sate Kelapa khas Surabaya ini memiliki cita rasa yang agak berbeda dari sate pada umumnya. Sate ini berbahan dasar dari daging sapi yang dilumuri parutan kelapa berbumbu. Saat ini makanan khas Surabaya yang satu ini sudah divariasi dengan mengganti bahan dasar daging sapi menjadi daging ayam, usus, sumsum, dan juga udang. Rasanya tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Karena gurihnya bumbu yang meresap dalam daging diperkaya dengan taburan serundeng atau kelapa yang disangrai sangat cocok dinikmati bersama dengan nasi atau lontong yang msaih hangat.

8. Tahu Telor Khas Surabaya

Tahu telor merupakan makanan khas Surabaya yang juga sangat banyak dijumpai dengan mudah. Kuliner yang satu ini merupakan salah satu jajanan khas Surabaya yang cukup mengenyangkan perut yang menyantapnya. Kalo kamu sudah mencium baunya yang khas pasti kamu akan langsung ingin menyantapnya segera.

makanan khas dari daerah Surabaya ini memilii komposisi dari telur ayam dan tahu yang dilumat lalu digoreng dan ditambahkan dengan lontong, kecambah, serta kentang. Kemudian bahan tersebut disiram dengan saus kacang pedas yang menjadi sentuhan akhir kelezatan makanan yang satu ini.

9. Semanggi Surabaya

kuliner-khas-surabaya

Makanan khas Surabaya yang satu ini juga tidak boleh kamu lewatkan kelezatannya bila berkunjung ke Surabaya yakni semnagi Surabaya. Semanggi sendiri merupakan sejenis tumbuhan paku yang diklaim mengandung zat penting untuk mencegah osteoporosis dan menopause. Kerna itulah makanan khas ini sangat banyak dicari oleh para pecinta kuliner.

Makanan khas Surabaya ini memiliki komposisi yang terdiri dari daun semanggi dan kecambah yang direbus lalu dibumbui dengan perpaduan ketela rambat, kacang tanah, gula merah, dan dilengkapi pula dengan kerupuk puli sebagai lauknya. Apalagi sambalnya yang lezat terbuat dari dari cabai, terasi, dan gula jawa sehingga rasanya semakin khas.

10. Tahu Tek-tek Khas Surabaya

makanan-khas-surabaya

Makanan khas dari daerah Surabaya ini dinamakan tahu tek karena penjual terus membunyikan gunting pemotong lontong meski tidak sedang mempersiapkan pesanan pelanggan.

Makanan khas Surabaya ini merupakan makanan khas Kota Pahlawan yang terdiri atas tahu goreng yang masih setengah matang serta lontong yang dipotong, dan ditambahkan kentang goreng, tauge, acar, dan siraman bumbu dan taburan kerupuk udang yang semkain lezat rasanya.

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares