10 Makanan Khas Papua Yang Bakalan Bikin Kamu Ketagihan

10 Makanan Khas Papua Yang Bakalan Bikin Kamu Ketagihan

kuliner-khas-papua

Papua adalah provinsi yang berada di bagian timur Indonesia, provinsi ini memiliki berbagai hal yang unik dan patut untuk di kunjungi . Mulai dari tarian papua, lagu daerah papua dan senjata tradisional papua . Kali ini kami akan membahas makanan khas Papua , mulai dari makanan tradisional hingga kue khas Papua . Nah berikut 10 makanan khas Papua yang wajib kamu coba dan pastinya bakal bikin kamu ketagihan.

 

  1. Papeda

kuliner-khas-papua

Papeda adalah makanan khas Papua dan Papua Barat yang dibuat dari sagu. Adapun bentuk papeda berupa bubur sagu berwarna putih dengan tekstur yang lengket seperti lem. Dari segi rasa, papeda berasa hambar. Memang papeda ini dimakan sebagaimana nasi. Papeda ini disajikan bersama ikan tongkol atau mubara yang dibumbui kunyit.

 

  1. Kue Sagu Bagea

makanan-khas-papua

Bagea atau kue sagu ini merupakan kue tradisional yang merupakan makanan khas Indonesia timur seperti Palopo Sulawesi Selatan, Manado, Bugis, Makasar, Maluku, Maluku Utara dan Papua, Papua Barat.

Kue sagu asal Papua dan Papua Barat ini memiliki tekstur yang keras dan agak susah digigit tetapi apabila kue tersebut sudah masuk ke mulut Anda akan berubah menjadi lembut. Maka dari itu memakan kue sagu ini dengan kuah ikan kuning sama seperti papeda. Makanan khas Papua ini kadang diisi dengan kacang hijau.

 

  1. Kue Lontar

makanan-khas-papua

Kue lontar papua dikenal pula dengan kue pai susu. Kue khas papua ini berbahan dasar tepung, susu dan gula bertektur lembut dan lumer dimulut. Sangat cocok dikonsumsi sebagai pencuci mulut setelah makan papeda dengan kuah ikan tongkol.

 

  1. Aunu Sanebre

makanan-khas-papua

Aunu senebre adalah makanan khas Papua dan Papua Barat yang dibuat dari bahan dasar ikan teri nasi yang dicampur dengan irisan daun talas. Makanan ini memiliki tekstur yang tidak kering. Daun talas yang diiris juga menambah rasa gurih dari aunu senebre. Di Papua makanan khas ini biasanya disantap dengan sepiring papeda atau umbu-umbian.

 

  1. Ikan Bakar Manokwari

makanan-khas-papua

Sesuai dengan namanya, Ikan Bakar Manokwari adalah makanan khas Manokwari, Papua. Tidak seperti ikan bakar yang biasa kita temui di kebanyakan warung ataupun rumah makan, ikan bakar ini memiliki rasa khas yang bisa membuat lidah bergoyang karena tambahan sambal khas Papua yang disiramkan di atasnya. Ikan yang biasa dijadikan bahan masakan ini adalah ikan tongkol.

 

  1. Ikan Bungkus Khas Papua

makanan-khas-papua

Ikan bungkus khas papua ini dibuat dari dua bahan yaitu ikan laut dan daun talas sebagai bahan untuk membungkusnya. Bumbu khasnya rempah yang digunakan pun hanya garam untuk memberikan rasa asin dan untuk menghilangkan getah pada daun talas yang digunakan. Bahan dan bumbunya sedikit dan cara membuatnya pun sangat sederhana dan mudah. Dalam pembuatanya pertama bersihkan ikan kemudian dimasukkan kedalam daun talas dan ditutup. terakhir dibakar diatas api kecil hingga masak. Ikan Bakar khas papua ini lebih nikmat disajikan hangat-hangat.

 

  1. Udang Selingkuh

makanan-khas-papua

Udang yang satu ini sangat populer di daerah Wamena, Papua Barat. Biasanya udang selingkuh digoreng, direbus atau bisa juga dibakar, sesuai selera. Disebut udang selingkuh karena bentuk udang ini capitnya mirip dengan kepiting.

 

  1. Sate Ulat Sagu

makanan-khas-papua

Sate ulat sagu adalah adalah makanan khas papua dan Papua Barat. Untuk kita yang belum terbiasa melihat gambarnya saja bisa menghilangkan selera bahkan mungkin ada yang merasa gimana gitu ya?? tapi bagi orang papua dan Papua Barat yang memang sudah biasa, makanan ini menjadi makanan yang bergizi.

 

  1. Petatas

makanan-khas-papua

Ubi jalar ini jika di Papua di kenal dengan nama Petatas , ubi jalar ini adalah merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Papua dan Papua Barat.

 

  1. Martabak Sagu

kuliner-khas-papua

Berbeda dengan martabak pada umumnya, martabak ini bahan dasarmya berupa sagu. Sebagai penambah rasa manis. saus gula merah dituangkan diatas sagu yang sedang digoreng. Tidak ada salahnya jika kamu berpergian jauh untuk mengunjungi Papua demi mencicipi makanan khas yang satu ini. Selain teksturnya unik, makanan asli kabupaten Fakfak ini memiliki cita rasa yang berbeda.

 

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares