10 Makanan Khas Gorontalo Yang Wajib Banget Kamu Cicipi

10 Makanan Khas Gorontalo Yang Wajib Banget Kamu Cicipi

wisata-kuliner-gorontalo

Gorontalo tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya , tapi juga kulinernya karena jika kamu berkunjung ke tempat wisata kamu akan sekaligus wisata kuliner juga. Tidak banyak wisatawan yang tahu tentang makanan khas Gorontalo , berikut kami telah merangkum 10 kuliner khas Gorontalo semoga dapat memudahkan kamu untuk memilih makanan.

 

  1. Binte Biluhuta

kuliner-khas-gorontalo

Makanan ini memiliki arti yaitu Binte artinya jagung ,Biluhuta artinya disiram jadi artinya jagung yang disiram. Terbuat dari campuran parutan kelapa , udang, potongan ikan cakalang kemudian di siram cdengan kuah yang mengandung berbagai rempah-rempah.

 

  1. Ayam Iloni

kuliner-khas-gorontalo

Ayam iloni ini di masak dengan bumbu yang terdiri dari bawang putih , bawah merah , kunyit , kemiri , jahe dll. Tapi sebelumnya ayam ini akan di rendam dengan santan , lalu di bumbui kemudian di bakar hingga matang.

 

  1. Tili Aya

kuliner-khas-gorontalo

Makanan ini biasanya akan di santap saat makan sahur di puasa hari pertama dui Gorontalo. Tili aya ini terbuat dari gula merah yang dicampur telur dan santan , karena bahannya terdiri dari gula merah membuat rasanya manis dan mengenyangkan perut.

 

  1. Ilabulo

kuliner-khas-gorontalo

Makanan ini sudah ada tahun sebelum masehi , isinya terbuat dari hati ayam, ampela ,telur dan sagu . Kemudian di bumbui dengan rempah-rempah yang di bungkus daun pisang kemudian di bakar.

 

  1. Kue Sabongi

kuliner-khas-gorontalo

Kue ini berbentuk seperti roket terbuat dari singkong dan pisang. Dan sudah ada dari dahulu pada zaman kerajaan yang berjaya di Gorontalo, kue ini langka dan tidak mudah di temukan di toko-toko.

 

  1. Es Brenebon

kuliner-khas-gorontalo

Es ini terdiri dari pudding, kacang merah, sirup , es batu yang sudah di serut ,dan susu kental manis. Cocok sekali di makan saat siang hari , terkadang para pedagang juga menambahkan irisan buah alpukat atau durian.

 

  1. Bilenthango

kuliner-khas-gorontalo

Makanan Bilenthango ini terbuat dari ikan mujaer yang di belah menjadi dua lalu di goreng bisa juga di panggang di atas daun pisang . Kemudian setelah ikan sudah matang di bumbui dengan rempah-rempah yang terdiri dari cabe merah, bawang merah, kemiri , tomat.

 

  1. Sayur Putungo

kuliner-khas-gorontalo

Sayur ini terbuat dari jantung pisang yang di sayur dengan di tumis , di goreng kering , kuah bersantan atau sekedar menjadi lalapan . Dan lebih nikmat lagi jika di santap dengan milu rebus atau milu bakar , milu adalah jagung jika di Gorontalo.

 

  1. Perkedel Nike

kuliner-khas-gorontalo

Perkedel ini berbeda dengan perkedel lainnya , karena di Gorontalo terbuat dari ikan Nike yaitu ikan sejenis teri . Yang di olah dengan tepung terigu , telur, bawang merah, bawang putih , garam merica, daun bawang lalu di goreng hingga berwana kecokelatan.

 

  1. Sate Tuna

kuliner-khas-gorontalo

Ikan tuna memang tidak akan di temukan di mana-mana jika di sate , hanya di Gorontalo lah ikan tuna di sate . Di sajikan bukan dengan bumbu kacang seperti sate pada umumnya melainkan dengan sambel khusus.

loading...

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares