10 Deretan Pegunungan Di Sulawesi Selatan Yang Wajib Dikunjungi

10 Deretan Pegunungan Di Sulawesi Selatan Yang Wajib Dikunjungi

Sulawesi Selatan tak hanya indah dengan pemandangan laut dan pulaunya , provinsi ini ternyata punya sederet pegunungan. Pegunungan ini sering di jadikan tujuan pendakian para pecinta alam , berikut kami telah merangkum 10 pegunungan di Sulawesi Selatan yang pas untuk menikmati keindahan alam dan sayang sekali untuk di lewatkan.

 

  1. Puncak Rantemario

wisata-pegunungan-sulawesi-selatan

Puncak ini memiliki ketinggian 3.478 mdpl dan mendapatkan urutan gunung tertinggi ke 5 di Indonesia . Saat perjalanan kamu dapat menikmati pemandangan perkampungan di atas perbukitan , kamu dapat melalui tiga jalur dari Tana Toraja, Enrekang, dan Lawu .

 

  1. Gunung Nenemori

wisata-pegunungan-sulawesi-selatan

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.397 mdpl serta masih dalam kawasan dengan Latimojong. Medan nya masih belum begitu bagus dan masih jarang pendaki yang datang kesini, dan untuk mencari sumber air cukup sulit disini.

 

  1. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong ini memiliki ketinggian sekitar 3.305 dan menjadi gunung tertinggi di deretan pegunungan Latimojong. Dan puncak nya di kenal dengan Tomoupa yang memiliki arti orang beruntung , kamu dapat datang kesini melalui Desa Bungin  Enrekang.

 

  1. Gunung Rante kambola

wisata-pegunungan-sulawesi-selatan

Gunung ini memiliki ketinggian 3.083 mdpl , di puncak terdapat susunan batu yang disusun oleh pendaki untuk menandai titik tertinggi . Untuk perjalanannya kamu bisa melalui Mingkendek ,Tana Toraja, Baraka, Enrekang , disini mungkin kamu akan sedikit kesulitan menggunakan kompas karena medan magnet yang kuat.

 

  1. Gunung Simbolong

wisata-pegunungan-sulawesi-selatan

Gunung Simbolong berada di Desa Batu Ke’de Enrekang dan memiliki ketinggian sekitar 3.054 mdpl . Dari sini kamu dapat melihat perkebunan dan bukit batu yang indah dan menawan , penduduk disini mayoritas memiliki profesi sebagai petani .

 

  1. Gunung Balease

wisata-pegunungan-sulawesi-selatan

Gunung ini memiliki ketinggian 3.016 dan medan pendakian yang cukup sulit , karena pepohonan yang rapat sehingga menutup jalur yang akan di lewati . Sumber air nya pun sungguh sulit di temukan di kawasan ini , di atas puncak terdapat tower besi yang menandakan lokasi puncak gunung ini.

 

  1. Gunung Tolangi

wisata-pegunungan-sulawesi-selatan

Gunung ini memiliki ketinggian 3.016 mdpl , jalurnya pun cukup sulit hampir sama dengan gunung Balease . Dan susunan batu yang berada di puncak dari para pendaki sebelumnya menjadi penanda bahwa kamu telah sampai pada puncak.

 

  1. Gunung Kambuno

wisata-pegunungan-sulawesi-selatan

Gunung ini memiliki ketinggian 2.950 mdpl dan menjadikan gunung Kambuno begitu menantang . Dan jaraknya menuju pos 1 mencapai sekitar 45 km , di antas puncak terdapat susunan batu sebagai tanda bahwa sudah sampai puncak disini kamu akan bertemu dengan hewan anoa .

 

  1. Gunung Lompobattang

wisata-pegunungan-sulawesi-selatan

Gunung ini berada di kabupaten Bawakaraeng jadi pengunjung dapat melakukan pendakian lintas . Dengan memiliki ketinggian 2.871 mdpl dan sering di kunjungi oleh penganut sinkretisme untuk melakukan ibadah haji saat bulan Zulhijjah.

 

  1. Gunung Kabentonu

wisata-pegunungan-sulawesi-selatan

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.866 mdpl dengan medan sulit karena pepohonannya rapat . Puncaknya terdapat prasasti yang di pasang oleh KPA Garis Palopo pada tahun 2012 dan terdapat juga telaga kecil bernama Danu Karoue.

 

loading...

0 Comments

Lupa Password

Register

Pin It on Pinterest

Shares